Wall Street Ditutup Naik Tajam Didukung Kinerja Saham Energi Dan Perbankan

341

Bursa saham Amerika ditutup menguat, indeks Standard & Poor 500 naik 1,2 persen menjadi 2,090.35 pada 04:00 di New York, tertinggi sejak 18 Agustus. Dow Jones Industrial Average naik 198,09 poin, atau 1,1 persen, ke 17,779.52. Nasdaq Composite Index naik 1,3 persen, sedangkan Indeks Russell 2000 menguat 2,9 persen, kenaikan terbesar untuk tahun ini. Sekitar 8,5 miliar saham diperdagangkan di bursa AS, 15 persen di atas rata-rata tiga bulan.

Bank of America Corp melonjak 5,4 persen dan Indeks Bank KBW naik tertinggi dalam dua bulan setelah komentar Fed. Saham-saham energi maju 6,3 persen, sementara Apple naik 4,1 persen, terbaik dalam delapan minggu, setelah hasil dan perkiraan untuk rekor penjualan liburan.

Bulan lalu Fed memilih untuk tidak menaikkan suku setelah perlambatan pertumbuhan ekonomi di Tiongkok dan bulan Agustus mendevaluasi mata uanganya sehingga menambahkan ketidakpastian akan situasi ekonomi global dan memicu gejolak di pasar keuangan dunia. Pasar telah tenang bulan ini, dan penurunan suku bunga oleh bank sentral Tiongkok pekan lalu membantu S & P 500 menghapus kerugian untuk tahun ini.

Dari emiten yang telah merilis kinerja keuangan mereka pada musim laporan kali ini, sekitar 75 persen telah melampaui proyeksi keuntungan, sementara 55 persen meleset dari perkiraan penjualan. Altria Group Inc, MasterCard Inc dan Starbucks Corp adalah dua emiten dari 49 perusahaan yang dijadwalkan untuk melaporkan laporan keuangan mereka pada malam nanti.

Harga saham Apple mengalami penguatan didukung kinerja penjualan di kuartal ini yang lebih tinggi dari rekor penjualan tahun lalu. Rekor penjualan ini dapat dicapai karena Chief Executive Officer, Tim Cook  menawarkan strategi penjualan yang baru kepada setiap pemilik iPhone untuk mengupgrade gawai mereka ke model iPhone terbaru dan juga karena naiknya penjualan di wilayah Tiongkok.

Level 3 Communications Inc rally 9,3 persen, terbaik dari yang pernah dicapai, setelah laba kuartalan perusahaan melampaui estimasi analis. CenturyLink Inc meningkat 1,7 persen.

Akamai Technologies Inc turun 17 persen, penurunan paling tajam sejak 2011 setelah prospek pendapatan kuartal keempat berada dibawah perkiraan analis. Setidaknya tiga analis kemudian memotong peringkat saham perusahaan ini. Twitter Inc turun 1,5 persen, setelah memprediksi pertumbuhan penjualan yang lebih lemah dari perkiraan.
Hershey Co kehilangan 6,4 persen, terburuk dalam tujuh tahun dan memberatkan S & P 500 dari sektor barang-barang kebutuhan konsumen. Meskipun pembuat permen ini memposting laba kuartal ketiga yang melampaui estimasi analis, namun untuk satu tahun penuh, berada di bawah perkiraan.

Indeks Volatilitas Chicago Board Options Exchange turun 7,1 persen ke 14,33 pada penutupan dini hari tadi. Ukuran gejolak pasar yang dikenal sebagai VIX ini mengalami kecepatan untuk penurunan bulanan tertajam yang belum pernah terjadi, setelah naik rekor pada bulan Agustus.

Perusahaan energi di S & P 500 naik 2,2 persen, sementara perusahaan keuangan naik 2,4 persen, kenaikan terkuat di antara 10 kelompok utama di indeks ini. Bank of America membukukan kenaikan terbesar sejak Desember 2012, sementara Comerica Inc naik 5,1 persen, juga yang terbaik sejak 2012.

Chevron Corp naik 2,4 persen untuk menghentikan slide tiga hari, sementara Occidental Petroleum Corp dan Apache Corp menambahkan setidaknya 4,3 persen.

American International Group Inc naik 4,9 persen, kenaikan terkuat dalam lebih dari dua tahun setelah Carl Icahn mengungkapkan kemepemilikan sahamnya di AIG dan mengusulkan untuk membagi perusahaan menjadi tiga perusahaan.

Northrop Grumman Corp meningkat 5,5 persen ke rekor setelah memenangkan kontrak Pentagon senilai $ 80 miliar untuk membangun the Air Force’s Long-Range Strike Bomber di AS. Harga saham Boeing Co turun 0,4 persen, setelah kalah dalam usahanya untuk memenangkan kontrak bomber.

Berlian Foods Inc naik 8,9 persen ke level tertinggi sejak 2012. Snyder’s-Lance Inc setuju untuk membeli pembuat makanan ringan ini senilai sekitar $ 1.27 miliar untuk menambah jajaran kripik kentang Kettle dan Emerald almond.

Rite-Aid Corp mundur 7 persen, setelah melonjak 43 persen pada Selasa sebelum pengumuman resmi dari Walgreen Boots Alliance Inc yang akan membeli rantai toko obat dalam kesepakatan senilai $ 17.2 miliar, termasuk utang. Walgreen kehilangan 11 persen, terbesar sejak Agustus 2014.

Selasti Panjaitan/VMN/VBN/Vibiz Securities Academy

Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here