Harga Minyak Mentah WTI Berakhir Naik Terbatas Jumat Dini Hari

333

Pada akhir perdagangan Jumat dini hari harga minyak mentah masih berhasil mempertahankan kenaikan yang terjadi sejak perdagangan sebelumnya (30/10). Harga komoditas ini melanjutkan kenaikan setelah para pelaku pasar mencoba mencerna arahan pasar sehari setelah terjadi kenaikan luar biasa di pasar minyak mentah. Pada sesi perdagangan sebelumnya harga minyak mentah membukukan peningkatan terbesar dalam dua bulan belakangan.

Pasar mengabaikan sentimen negatif berupa peningkatan pasokan minyak mentah di Amerika Serikat. Turun tajamnya pasokan bahan bakar menjadi pendorong sentimen positif di pasar.

Sementara itu harga komoditas ini retreat dari posisi harian tertinggi setelah rilis data ekonomi AS tampak kurang menggembirakan. Akan tetapi imbas dari data yang kurang baik tersebut membuat dollar terseret turun sehingga membantu harga minyak mentah kembali terangkat. Pelemahan dollar AS membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi relatif lebih murah bagi para pembeli luar negeri. Permintaan terhadap dollar AS meningkat kencang.

Harga minyak mentah WTI untuk kontrak Desember yang merupakan kontrak paling aktif saat ini ditutup naik terbatas setelah pada perdagangan sebelumnya melejit lebih dari 6 persen. Harga minyak mentah WTI tersebut ditutup naik sebesar 12 sen atau setara dengan 0,26 persen pada posisi 46,06 dollar per barel.

Sementara itu harga minyak mentah Brent untuk kontrak Desember justru mengalami pelemahan yang lumayan di akhir sesi perdagangan. Harga ditutup turun sebesar 27 sen menjadi 48,78 dollar per barel.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga minyak mentah jenis WTI kontrak paling aktif pada perdagangan hari ini di sesi Asia saat ini sedang cenderung mengalami pergerakan yang terbatas, masih nyaris stagnan dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Meskipun demikian kuatnya sentimen positif berpotensi untuk membuat kenaikan harga minyak mentah berlanjut. Untuk saat ini harga minyak mentah WTI diperdagangkan di level 45,82 dollar per barel.

Untuk perdagangan hari ini harga minyak mentah WTI diperkirakan akan mengalami resistance di level 47,00 dollar. Resistance selanjutnya ada di 49,00 dollar. Jika terjadi pergerakan yang justru berbalik melemah harga akan menemui support pada posisi 44,00 dollar dan 42,00 dollar.

 

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here