Sentimen Ekonomi dan Bisnis Zona Euro Membaik, Hanya Keyakinan Konsumennya Memburuk

356

Komisi Eropa, kemarin (30/10) kembali merilis data tingkat keyakinan ekonomi bulanan zona euro untuk bulan Oktober ini. Dalam rilis tersebut terlihat bahwa sentimen ekonomi di zona euro pada bulan ini secara tak terduga bukukan peningkatan meski tidak signifikan. Pasalnya sentimen ekonomi zona euro pada bulan ini berhasil merangkak naik ke level 105,9 dari sebesar 105,6 yang tercatat di bulan sebelumnya, padahal sebelumnya ekonom justru memprediksi sentimen ekonomi di zona euro akan menurun di bulan Oktober ini.

Cukup stabilnya sentimen ekonomi di zona euro pada bulan ini dilansir karena meningkatnya optimisme para pelaku pasar di zona euro yang tercermin dari meningkatnya transaksi perdagangan ritel dan meningkatnya kinerja di bidang konstruksi. Adapun indeks keyakinan untuk sektor industri dilaporkan sedikit lebih baik dari bulan sebelumnya dengan berakhir pada posisi -2,0 pada bulan Oktober ini dari posisi -2,3 di bulan sebelumnya. Sementara itu indeks keyakinan yang mengukur kegiatan bisnis di sektor ritel juga menguat ke level 6,5 pada bulan Oktober ini dari level 4,2 di bulan sebelumnya.

Namun pada saat yang sama, indeks keyakinandi zona euro justru bukukan penyusutan yang lebih tajam dibanding bulan sebelumnya. Pada bulan ini skor indeks tersebut berakhir pada level -7,7 pada bulan Oktober sejalan dengan rilis awalnya dimana posisi ini menunjukkan kontraksi yang lebih besar dari bulan sebelumnya yang hanya berakhir pada level -7,1. Lebih jelasnya dapat dilihat data tingkat keyakinan konsumen zona euro dalam setahun terakhir pada gambar dibawah ini:

Euro Area Consumer Confidence

Sebelumnya, Jerman yang merupakan negara dengan ekonomi terbesar di zona euro juga sudah merilis lebih dulu data indeks keyakinan konsumen di negaranya yang juga bukukan hasil serupa. Pasalnya, berdasarkan hasil survey bulanan yang dilakukan Gfk terhadap 2000 konsumen rumah tangga atas indeks tingkat keyakinan konsumen Jerman untuk periode yang berakhir November 2016 mendatang, menunjukkan bahwa skor indeks keyakinan konsumen negara ini sedikit tergelincir ke level terendahnya sejak terakhir tercatat pada Februari 2015 lalu. (Lihat juga: Optimisme Konsumen Jerman Sentuh Level Terendah Dalam 9 Bulan)

Demikian juga dengan indeks IFO-iklim Bisnis Jerman yang juga dirilis pekan ini juga mencatat bahwa indeks iklim bisnis di Jerman untuk bulan Oktober jatuh ke level terendahnya dalam kurun tiga bulan terakhir, ke level 108,2 dari yang semula tercatat sebesar 108,5 pada bulan September. Tergelincirnya tingkat keyakinan bisnis di negara ini sebagai respons dari kasus yang menerpa Volkswagen beberapa waktu lalu yang merupakan salah satu produsen otomotif besar di Jerman. Selain itu merosotnya optimisme iklim bisnis di negara ini juga disebabkan oleh kekhawatiran para pebisnis di negara ini terhadap ketangguhan ekonomi zona euro dalam menghadapi tekanan eksternal yang negatif seperti perlambatan ekonomi Tiongkok dan merosotnya kinerja ekonomi di negara berkembang. (Lihat juga: IFO Iklim Bisnis Sedikit Tergelincir, Ekonomi Jerman Cukup Tangguh Hadapi Berbagai Tekanan)

 

 

 

 

Stephanie Rebecca/VM/VBN/ Analyst at Vibiz Research Center
Edior: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here