Kurs Harian Dolar Australia, Aussie Masih Menguat di Sesi Asia

688

Kurs Aussie pagi ini (02/11) menguat tipis terhadap mata uang rivalnya dolar AS. Sekalipun data ekonomi Australia yang diumumkan pagi ini mixed, namun Aussie tetap bisa unggul tipis terhadap dollar AS.

Hasil buruknya data Personal Income dan Personal Spending AS bulan September yang diriis jumat kemarin, dimana sama-sama hanya mencatakan kenaikan 0,1%, turun dibandingkan harapan ekonom sebesar 0,2%, dan lebih turun lagi dibandingkan perolehan bulan Agustus sebelumnya yang naik 0,4%. Dimana hasil ini merupakan hasil terendah dalam delapan bulan. Hasil ini masih menyisakan penekanan terhadap dollar AS.

Sementara itu hari ini diperkirakan juga data ekonomi AS yang akan dirilis diperkirakan memberikan hasil yang menurun. Dari data domestic AS sendiri, akan dirilis data ISM Manufacturing PMI Oktober malam nanti, dimana berdasarkan hasil survey para ekonom akan mengalami penurunan ke level 50, dibandingkan data bulan sebelumnya pada 50,2. Demikian juga data Construction Spending (MoM) September berdasarkan survey ekonom akan berada pada level 0,5, menurun dari hasil bulan sebelumnya pada 0,7.

Sedangkan untuk data yang dirilis tadi pagi dari dalam negeri sendiri, data AIG Manufacturing Index bulan Oktober berada di level 50.2, lebih rendah dari hasil sebelumnya pada bulan September sebesar 52.1.

Sedangkan data Building Permits (MoM) September juga alami peningkatan, dimana data bulan sebelumnya pada -9,5%, berdasarkan data survey para ekonom naik 2,0%, dan hasil bulan September meningkat 2,2%.

Pergerakan Aussie juga dibantu dengan melemahnya data ekonomi Tiongkok. Berdasarkan rilis Biro Statistik Nasional Tiongkok akhir pekan lalu terlihat bahwa PMI Manufaktur Tiongkok pada bulan Oktober ini berakhir pada level 49,8, sama seperti yang tercatat di bulan sebelumnya. Sebagai informasi, angka di bawah 50 poin menunjukkan bahwa kinerja manufaktur Tiongkok masih berada di fase kontraksi.

 

Memantau kurs dolar Australia pada saat ini bergulir di kisaran 0.7136, naik tipis 0.04% dari pembukaan 0.7117. Pada perdagangan jumat lalu ditutup menguat 0,92% dari pembukaan 0.7068 pada posisi 0,7134.

 

Secara teknikal, Analyst Vibiz Resarch Center melihat pergerakan AUDUSD masih cenderung menguat pada kisaran Resistance 0.7165-07195 dan kisaran Support 0.7102-0.7073

 

 

Feddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here