Lanjutkan Kenaikan, Harga Kopi Arabika ICE Didukung El Nino

520

Harga kopi arabika berjangka di ICE Futures masih mampu mempertahankan kinerja positifnya hingga akhir perdagangan Sabtu dini hari lalu (2/11). Harga komoditas ini menguat mantap untuk tiga sesi berturut-turut didukung oleh aksi bargain hunting yang dilakukan oleh para pelaku pasar. Para investor mengabaikan kabar mengenai surplus pasokan kopi di Vietnam.

Kekeringan yang terjadi di kawasan Asia Tenggara akibat El Nino masih menjadi perhatian para investor. Dikhawatirkan bahwa produksi kopi akan terganggu. Sementara itu harga kopi arabika yang sempat anjlok tajam hingga mencapai posisi paling rendah dalam satu bulan di awal pekan lalu juga turut memberikan kesempatan aksi bargain hunting bagi para pelaku pasar.

Harga kopi arabika berjangka untuk kontrak paling aktif bulan Desember ditutup meningkat di akhir perdagangan tersebut. Harga berakhir pada posisi 1,2096 dollar, meningkat mantap sebesar 0,65 sen atau setara dengan 0,54 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga kopi arabika berjangka di ICE Futures New York pada perdagangan selanjutnya masih berpotensi untuk mengalami penurunan lanjutan untuk jangka pendek, menengah dan panjang. Aksi bargain hunting belum terlihat cukup kuat untuk mendukung rally lanjutan harga komoditas ini. Para pelaku pasar masih menantikan apakah kenaikan yang terjadi selama 3 sesi tersebut akan berkembang menjadi rally yang solid.

Harga kopi arabika berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk mengetes level support kuat di posisi 1,1788 dollar dan 1,1200 dollar. Sedangkan level resistance yang akan dihadapi jika terjadi kenaikan lanjutan ada pada posisi 1,2348 dollar dan 1,2900 dollar.

 

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here