Yen Jepang Masih Atasi Dollar AS

971

Pergerakan Kurs Yen Jepang hari ini (02/11) masih alami penguatan. Tarik menarik sentiment antara Yen dan Dollar AS masih dimenangkan Yen.

Data PMI Manufacturing Jepang bulan Oktober mengalami kenaikan pada level 52,4, naik dibandingkan hasil survey para ekonom pada 52,1. Hasil ini memberikan hasil positif bagi Yen.

Sementara bagi dollar AS, hasil buruknya data Personal Income dan Personal Spending AS bulan September yang diriis jumat kemarin, dimana sama-sama hanya mencatakan kenaikan 0,1%, turun dibandingkan harapan ekonom sebesar 0,2%, dan lebih turun lagi dibandingkan perolehan bulan Agustus sebelumnya yang naik 0,4%. Dimana hasil ini merupakan hasil terendah dalam delapan bulan. Hasil ini masih menyisakan penekanan terhadap dollar AS.

Sementara itu hari ini diperkirakan juga data ekonomi AS yang akan dirilis diperkirakan memberikan hasil yang menurun. Dari data domestic AS sendiri, akan dirilis data ISM Manufacturing PMI Oktober malam nanti, dimana berdasarkan hasil survey para ekonom akan mengalami penurunan ke level 50, dibandingkan data bulan sebelumnya pada 50,2. Demikian juga data Construction Spending (MoM) September berdasarkan survey ekonom akan berada pada level 0,5, menurun dari hasil bulan sebelumnya pada 0,7.

Memantau kurs Yen pada saat ini pair USDJPY, hari ini dibuka pada posisi 120.27 dan turun 0,16% pada 120.41. Pada perdagangan jumat kemarin pair ini mengalami penurunan 0,42% pada 120.60, dengan capaian tertinggi pada 121.48 dan capaian terendah di harga 120.28.

Secara teknikal,  Analyst Vibiz Research Center melihat pergerakan USDJPY akan mengalami tekanan dengan merespon data ekonomi AS, apabila data ISM Manufacturing dan Construction Spending menurun, akan semakin menurunkan pair USDJPY. Diperkirakan pair ini akan bergerak pada kisaran Support 120.25-120.00 dan kisaran Resistance 120.70-121.00

 

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here