Aktivitas Konstruksi Inggris Menurun Tajam Meski Serapan Tenaga Kerja Meningkat

784

Pertumbuhan bisnis konstruksi Inggris melambat pada bulan Oktober lalu setelah mencapai laju tercepat dalam enam bulan pada bulan September sebelumnya. Namun dilihat dari lapangan pekerjaan baru yang terbentuk merupakan yang tertinggi dalam setahun, seperti yang dilaporkan  Markit Economics.

Indikator yang menunjukkan kinerja konstruksi Inggris pada indeks  CIPS / Markit  PMI tergelincir kembali ke 58,8 pada bulan Oktober, sejalan dengan ekspektasi dari 59,9 pada bulan September. Data kinerja  manufaktur Inggris yang diterbitkan pada awal pekan kemarin (2/11) menunjukkan kekuatan yang mengejutkan pada bulan Oktober. 

United Kingdom Construction Pmi

Survei tersebut juga menunjukkan bahwa lapangan kerja sektor konstruksi tumbuh paling tinngi sejak November 2014 selain laporan pertumbuhan semua bidang konstruksi. Pertumbuhan aktivitas konstruksi perumahan menurun dari  12-bulan tertinggi pada bulan  September , sedangkan bidang teknik sipil  merupakan pertumbuhan yang paling lambat sejak Mei.

Survei konstruksi yang dilaporkan Markit diharapkan  membantu pertumbuhan perekonomian  pada kuartal terakhir tahun ini, dikarenakan juga nilai indeks masih dalam fase ekspansi. Setelah survey ini dirilis pergerakan kurs mata uang negara tersebut semakin terkoreksi dari sejak awal perdagangan.

 

 

 

Joel/VMN/VBN/senior Analyst Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here