Belanja Konstruksi Amerika Ditopang Kuat Proyek Swasta

464

Belanja konstruksi Amerika Serikat dilaporkan meningkat pada bulan September lalu oleh Departemen Perdagangan AS oleh dorongan peningkatan belanja konstruksi swasta dan publik. Data inilah yang mendorong terjadinya kenaikan dollar AS yang juga terangkat oleh data kinerja manufaktur AS pada bulan yang sama.

Laporan tersebut menunjukkan belanja konstruksi naik 0,6 persen ke tingkat tahunan sebesar $ 1,094 triliun pada bulan September dari revisi Agustus perkiraan $ 1,088 triliun. Sebelumnya data belanja konstruksi ini diperkirakan meningkat sebesar 0,4 persen.

Pada bulan September tersebut belanja konstruksi swasta meningkat, yang naik 0,6 persen ke tingkat tahunan sebesar $ 794.2 miliar. Perkembangan pertumbuhan belanja konstruksi negeri AS ini dapat dilihat dari grafik dibawah ini:

United States Construction Spending

Dilihat dari objek konstruksinya, pengeluaran untuk konstruksi perumahan melonjak 1,9 persen ke tingkat tahunan sebesar $ 394.7 miliar, sedangkan belanja konstruksi non-perumahan turun 0,7 persen ke tingkat $ 399.5 miliar. Laporan ini juga menunjukkan pengeluaran konstruksi umum naik 0,7 persen ke tingkat tahunan sebesar $ 300,0 miliar, seperti pengeluaran untuk konstruksi pendidikan dan jalan raya kedua meningkat.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2014, Departemen Perdagangan juga melaporkan bahwa total belanja konstruksi di September naik sebesar 10,5 persen dibandingkan tahun lalu.

 

 

 

Jefry/VMN/VBN/senior Analyst Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here