Indeks Kospi Berakhir Positif, Waspadai Tekanan Selanjutnya

261
indeks kospi

Pada penutupan perdagangan bursa saham Korea Selatan Selasa (02/11), indeks Kospi menguat didukung kinerja positif emitennya. Indeks Kospi meningkat 13,16 poin atau 0,65% pada 2048.40

Lihat : Indeks Kospi Dibuka Positif, Ditopang Kinerja Saham Pembuat Mobil

Indeks Kospi Korea Selatan oleh saham komponen kelas berat Posco yang melonjak 4,7 %. Demikian juga saham Hyundai Motor dan Kia Motors masing-masing naik 2,5 % dan 4,7 %, juga Ssangyong Motor naik 0,7 %.

Penguatan saham-saham pembuat mobil ini merespon data industri yang dirilis pada hari Senin yang menunjukkan penjualan mobil Oktober di Korea Selatan naik 8,7 % dari periode tahun lalu.

Dari dalam negeri, inflasi dalam perekonomian negara terbesar keempat di Asia ini tak terduga naik pada laju tercepat dalam hampir setahun, menurut data resmi yang dirilis sebelum pasar dibuka Selasa pagi ini. Indeks harga konsumen (CPI) naik 0,9 persen pada Oktober dari tahun sebelumnya, mengalahkan ekspektasi untuk kenaikan 0,8 persen dan dibandingkan dengan hasil 0,6 persen pada September.

Demikian juga dengan pergerakan indeks berjangka Kospi ditutup positif naik 2,7 poin atau 1,08% pada 253.35 dari posisi penutupan diakhir perdagangan bursa saham sebelumnya pada posisi 250.65.

Pergerakan indeks Kospi esok hari perlu mewaspadai data fundamental. Dari dalam negeri besok pagi akan dirilis data Foreign Exchanges Reserves, yang diperkirakan sedikit menurun dari data sebelumnya. Sementara dari kawasan AS, pada malam ini akan dirilis data Factory Orders yang diindikasikan menurun dari perkiraan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Kospi berpotensi menghadapi tekanan. Pergerakan indeks akan bergerak di level Support 252.00-251.00 poin, dan di kisaran Resistance 254.50-256.50.

 

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here