Bisnis Manufaktur dan Jasa Tiongkok Berusaha Keluar Dari Fase Kontraksi

354

Progres kebijakan-kebijakan pemerintah Tiongkok menstimulus ekonominya mulai kelihatan, dan itu terbukti pada survey bisnis yang dilakukan Markit dan Caixin pada bulan Oktober lalu. Diawal pekan lembaga survey swasta dan salah satu media di Tiongkok tersebut merilis kinerja manufaktur diatas harapan, dan hari ini dirilis dari sisi kinerja sektor jasanya yang meningkat cukup signifikan.

Aktivitas bisnis sektor jasa menggeliat naik pada bulan Oktober lalu dan ini mensinyalkan ekonomi Tiongkok mulai bangkit meski moderat. Pertumbuhan bisnis terlihat bangkit kembali sejak merosotnya bisnis sektor jasa setelah bulan Juli lalu.

Perkembangan tersebut ditunjukkan oleh Indeks Caixin / Markit Purchasing Managers ‘untuk layanan jasa naik menjadi 52 poin  pada bulan Oktober, yang bangkit dari posisi  terendah 14-bulan 50,5 pada bulan September. 

China Services PMI

Pekan lalu pemerintah sudah merilis data yang sama dan hasilnya lebih buruk dari data sebelumnya, dari  53,4 pada September menjadi  53,1 di bulan Oktober lalu.

Dari survey kedua lembaga, perusahaan sektor jasa melaporkan kenaikan lebih lanjut secara total untuk bisnis baru.  Bisnis baru secara keseluruhan naik untuk pertama kalinya dalam tiga bulan terakhir.
Selain itu pelaku bisnis jasa  terus menambah jumlah gaji pegawai di bulan Oktober.

Dari survey terhadap aktivitas manufaktur dan sektor jasa Tiongkok pada bulan Oktober, Markit juga laporkan bisnis  yang mencakup manufaktur dan jasa mengisyaratkan stabilisasi luas dari aktivitas bisnis di bulan Oktober meski terjadi penurunan lebih lanjut dalam output manufaktur.

Indikator komposit yang mengukur kinerja kedua sektor  naik ke 49,9 pada Oktober dari bulan September di 48 poin yang merupakan posisi 80-bulan rendah. Level ini ada pada fase kontraksi.

Joel/VM/VBN/ Analyst at Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here