Kenaikan Minyak Mentah Dukung Penguatan Indeks Kospi

284
indeks kospi

Pada pembukaan perdagangan bursa saham Korea Selatan Rabu pagi (04/11), indeks Kospi naik 6.78 poin atau 0,33% pada 2055.18. Kenaikan indeks Kospi didukung kenaikan mantap harga minyak mentah dunia yang menyokong kenaikan saham-saham di sektor perminyakan.

Lihat : Indeks Kospi Berakhir Positif, Waspadai Tekanan Selanjutnya

Penguatan indeks Kospi didukung kenaikan saham-saham perminyakan seperti SK Innovation yang naik 3 %, sedangkan saham S-Oil dan GS Holdings masing-masing menguat lebih dari 1 %. Demikian juga saham-saham pembuat mobil juga alami kenaikan, saham Hyundai Motor dan Kia Motors masing-masing naik 0,3 % dan 1,2 %, sehari setelah melonjak lebih dari 2 % dan 4 % setelah data industri yang menunjukkan kenaikan otomotif domestik penjualan bulan lalu. Demikian juga saham Samsung Electronics naik 0,4 persen.

Dari dalam negeri, pagi ini juga dirilis data Foreign Exchange Reserves Korsel Oktober yang meningkat $369.60 miliar dari hasil bulan sebelumnya pada $368.11 miliar, bahkan dari perkiraan pada $368.6.

Sementara kebalikan dari indeks spot Kospi, maka indeks berjangka Kospi pada pagi ini mengalami pergerakan negatif. Terpantau saat ini turun 0,55 poin atau 0,22% pada 252.80 dari posisi penutupan diakhir perdagangan bursa saham sebelumnya pada posisi 253.35.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks Kospi hari ini akan berpotensi melanjutkan penguatan dengan data fundamental yang mendukung pergerakan naik baik dari hasil kenaikan harga minyak dan kinerja positif emitan serta data ekonomi yang membaik. Indeks Kospi mencoba menembus resistance pertama pada posisi 253.40 poin, jika pergerakan indeks berhasil menembus resistance pertama maka diperkirakan akan mencoba menembus resistance kedua pada posisi 255 poin.

Apabila pergerakan indeks berhasil berbalik arah melemah, maka diperkirakan akan mencoba menembus support pertama pada posisi 250.67 poin, jika pergerakan indeks berhasil menembus support pertama maka diperkirakan akan mencoba menembus support kedua pada posisi 249.00 poin.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here