Kinerja Mengesankan Emiten, Menguatkan Indeks Nikkei

430
indeks nikkei

Diakhir perdagangan bursa saham Jepang pada Rabu (04/11), indeks Nikkei tampak ditutup naik signifikan 1,3% pada 18.926,91. Kenaikan ini merupakan salah satu kenaikan tertinggi di bursa Asia pada perdagangan hari ini. Kenaikan indeks dihasilkan dari kinerja yang mengesankan dari emiten-emiten di bursa saham Jepang ini, di antaranya kenaikan tinggi dari saham Japan Post Holdings yang baru melantai di bursa Jepang dan saham-saham keuangan lainnya.

Lihat :   Indeks Nikkei Ditopang Kinerja Positif Emiten dan Kenaikan Harga Minyak

Saham-saham yang menjadi penopang indeks Nikkei adalah saham Japan Post Holdings yang berakhir di ¥ 1.760 , naik 25,7 % lebih tinggi dari penawaran umum (IPO) harga awal sebesar 1.400 yen. Sementara itu, saham Japan Post Bank ditutup melonjak 15,2 % pada 1.671 yen, dibandingkan harga IPO 1.450 yen, sementara saham Japan Post Asuransi diperdagangkan di ¥ 3.430, jauh lebih tinggi dari harga IPO ¥ 2.200.

Saham tertinggi keuangan lainnya adalah saham T & D Holdings, Dai-ichi Life Insurance dan Tokio Marine Holdings masing-masing melonjak  sekitar 4 %.

Dari sektor energi yang alami kenaikan, Saham Inpex memimpin dengan lonjakan kenaikan 4 %.

Demikian juga saham-saham  produsen mobil meningkat. Saham Nissan rally hampir 3 persen setelah produsen mobil yang menaikkan prospek laba operasional untuk tahun ini, sementara Daihatsu Motor naik 5,4 persen.

Sedangkan pergerakan indeks berjangka Nikkei hari ini, juga mencatatkan kenaikan sebesar 40 poin atau 0.21%, dengan menjadi 18.940 poin dari posisi penutupan diakhir perdagangan bursa saham sebelumnya pada posisi 18.900 poin serta berhasil mencatatkan penguatan tertinggi diakhir perdagangan bursa saham hari ini pada posisi 18.940 poin dengan penurunan terbesar hari ini pada posisi 18.920 poin.

Berlanjut pada perdagangan bursa saham Jepang Selasa besok, diperkirakan para investor akan kembali menantikan perkembangan akan pergerakan Yen Jepang, serta hasil penutupan kinerja bursa saham AS nanti malam, juga esok pagi akan ada BoJ Monetary Policy Meeting Minutes.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks Nikkei hari Rabu besok akan berpotensi melanjutkan penguatan terbatas. Indeks akan kembali mencoba menembus resistance pertama pada posisi 19.130 poin, jika pergerakan indeks berhasil menembus resistance pertama maka diperkirakan akan mencoba menembus resistance kedua pada posisi 19.300 poin.

Namun jika harga berbalik melemah, indeks akan menembus support pertama pada posisi 18.800 poin , jika pergerakan indeks berhasil menembus support pertama maka diperkirakan akan mencoba menembus support kedua pada posisi 18.650 poin.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here