Rally Aussie Dollar Terhenti Oleh Ekspektasi Kenaikan Fed Rate

209

Rally Aussie dollar selama 3 hari perdagangan terhenti pada perdagangan sesi Eropa hari ini oleh penguatan dollar yang signifikan pasca ekspektasi kenaikan fed rate bulan Desember nanti, sehingga pair AUDUSD yang terdorong sentimen kebijakan RBA mempertahankan suku bunga yang rendah.

Ekspektasi kenaikan Fed rate tersebut malam ini semakin kuat pasca data pertambahan lapangan pekerjaan sektor swasta di Amerika yang menunjukkan data sesuai harapan meski dibawah pencapaian bulan sebelumnya. ADP laporkan jumlah pekerjaan baru sektor swasta hanya menambah 182.000 pekerjaan pada bulan Oktober sedangkan bulan sebelumnya jumlah pekerjaan sekitar 190.000 pekerjaan. 

Momentum penguatan dollar ini membuat Aussie dollar semakin terdesak memangkas rally yang sudah terbentuk, sehingga kekuatan fundamental pair AUDUSD selama 3 hari perdagangan berusaha juga ditelan oleh aksi ambil untung pasar.

Pergerakan kurs Aussie  di sesi Amerika (14:30:35 GMT) bergerak turun terhadap dollar AS,  setelah  dibuka kuat pada   0,7187 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT),  pair AUDUSD  turun  23  pips  atau 0, 2%  dan nilai bergulir berada pada 0,7164.

Untuk perdagangan selanjutmya hingga akhir sesi Amerika besok, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair akan terus turun ke kisaran 0,7141 pada bolinger tengah 5 time frame daily , namun jika tidak tembus pair dapat bangkit kembali ke posisi 0,7213 pada bolinger atas 5 D1.

 

 

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here