Harga Gula ICE Turun Signifikan Tertekan Penguatan Dollar

242

Harga gula berjangka mengakhiri perdagangannya dini hari tadi dengan membukukan pelemahan yang cukup signifikan (05/11). Pada perdagangan kemarin harga komoditas ini naik signifikan 2,51%, namun dinihari tadi terjadi lonjakan penurunan lebih dua kali lipat. Turunnya harga gula disebabkan kenaikan nilai tukar dollar AS.

Penyebab penurunan harga gula berjangka tidak lepas dari kenaikan nilai tukar dollar AS. Ketua The Fed, Janet Yellen menyatakan kondisi ekonomi AS saat ini masih membaik, maka jika pertumbuhan ekonomi terus membaik, pasar tenaga kerja positif dan inflasi bisa mencapai target 2%, maka bulan Desember The Fed akan menaikkan suku bunga AS.

Pasca pernyataan Yellen, maka keyakinan kenaikan suku bunga AS semakin kuat dan membuat posisi dollar AS juga semakin kuat. Kenaikan nilai tukar dollar AS membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi relative lebih mahal bagi para pembeli luar negeri sehingga permintaannya tergerus melemah.

Pada penutupan perdagangan dini hari tadi harga gula berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu kontrak Maret 2016 terpantau mengalami penurunan yang signifikan. Harga gula berjangka paling aktif tersebut ditutup melemah sebesar 0,85 sen atau setara dengan  5,49 persen pada posisi 14,64 sen per pon.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga gula kasar berjangka di New York  pada perdagangan selanjutnya masih akan dipengaruhi oleh pergerakan harga minyak mentah dan dollar AS. Secara teknikal pergerakan harga komoditas ini masih berada dalam trend menguat untuk jangka pendek, menengah dan panjang.

Harga gula kasar berjangka di ICE Futures New York berpotensi mengetes level support pada posisi 14,30 sen dan 14,00 sen. Sedangkan level resistance yang akan dites jika terjadi peningkatan harga ada pada posisi  14,80 sen dan 15,00 sen per pon.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here