Indeks Nikkei Ditutup Menguat Berkat Pelemahan Yen

208
indeks nikkei

Diakhir perdagangan bursa saham Jepang pada Kamis (05/11), indeks Nikkei lanjutkan penguatannya, ditutup naik 1% pada 19.116,41. Kenaikan indeks Nikkei tertolong pelemahan Yen. Pasca pidato ketua The Fed, Janet Yellen yang menyatakan semakin dimungkinkannya kenaikan suku bunga AS pada akhir tahun ini, semakin menguatkan dollar AS, termasuk terhadap mata uang Yen.

Lihat :  Bursa Jepang Dibuka Naik Ditopang Saham-Saham Keuangan

Saham produsen produk tembakau, Japan Tobaco melompat 6,83% di perdagangan bursa Tokyo setelah penggalangan dividen akhir tahun dan perkiraan kenaikan laba bersih.

Sementara itu memperpanjang kemenangan beruntun pada hari kedua, Japan Post Asuransi melampaui rekan-rekannya dengan lonjakan 13,4 %, sementara Japan Post Holdings dan Japan Post Bank naik masing-masing 3,4 % dan 6,2 %, menyusul debut pasar mengesankan pada sesi perdagangan sebelumnya.

Saham Toyota Motor naik 0,5 persen di tengah perdagangan berombak karena investor menunggu pendapatan produsen mobil.

Sementara itu, sentimen dari dalam negeri, anggota dewan Bank of Japan (BOJ) mempertahankan pandangan optimis terhadap perekonomian negara tapi banyak dari mereka memperingatkan bahwa perlambatan pertumbuhan di pasar negara berkembang, jika berkepanjangan, bisa membebani ekspor, demikian risalah rapat tingkat bank sentral pada Kamis (05/11).

Sedangkan pergerakan indeks berjangka Nikkei hari ini, juga mencatatkan kenaikan sebesar 40 poin atau 0.21%, dengan menjadi 19.190 poin dari posisi penutupan diakhir perdagangan bursa saham sebelumnya pada posisi 19.140 poin serta berhasil mencatatkan penguatan tertinggi diakhir perdagangan bursa saham hari ini pada posisi 19.190 poin dengan penurunan terbesar hari ini pada posisi 19.110 poin.

Berlanjut pada perdagangan bursa saham Jepang Selasa besok, diperkirakan indeks Nikkei akan menghadapi tekanan. Besok pagi akan dirilis data indikator ekonomi Foreign Bond Investment dan Stock Investment by Foreigners untuk bulan Oktober, yang diperkirakan menurun dari hasil bulan sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks Nikkei hari Rabu besok akan berpotensi melanjutkan penguatan terbatas. Indeks akan kembali mencoba menembus resistance pertama pada posisi 19.240 poin, jika pergerakan indeks berhasil menembus resistance pertama maka diperkirakan akan mencoba menembus resistance kedua pada posisi 19.300 poin.

Namun jika harga berbalik melemah, indeks akan menembus support pertama pada posisi 19.140 poin , jika pergerakan indeks berhasil menembus support pertama maka diperkirakan akan mencoba menembus support kedua pada posisi 19.100 poin.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here