Produk Pabrikan Jerman Kurang Laku, Pesanan Pabrik Turun 3 Bulan Berturut

238

Setelah Markit Economics umumkan kinerja manufaktur Jerman turun sedikit pada bulan Oktober lalu dan data tersebut dikonfirmasi oleh data pesanan pabrik Jerman pada bulan September oleh Deutsche Bundesbank sore ini (5/11) yang juga turun tak terduga.

Turunnya permintaan produk manufaktur Jerman paling banyak disebabkan berkurangnya permintaan dari kawasan Euro yang menggambarkan moderatnya pertumbuhan ekonomi negara kawasan Euro.  Menurut data dari Destatis, pesanan pabrik turun 1,7 persen secara bulanan  di bulan September, yang mengalahkan ekspektasi untuk kenaikan 1 persen.

Turunnya data pesanan pabrik bulan September ini merupakan  penurunan ketiga berturut-turut untuk produk manufaktur Jerman. Dan ini adalah pertama kalinya sejak 2011 bahwa pesanan menurun selama tiga kali berturut-turut dimana pesanan telah menurun 1,8 persen pada Agustus dan 2,2 persen pada Juli.

Pesanan menurun 1 persen pada September dari tahun sebelumnya, berbeda dengan pertumbuhan yang diharapkan dari 1,9 persen dimana pada bulan Agustus pesanan meningkat 1,7 persen. Pesanan dari dalam negeri  turun 0,6 persen dari bulan sebelumnya dan pesanan dari luar Jerman turun  2,4 persen.

Mengenai arah perdagangan dalam transaksi luar negeri, jumlah pesanan baru dari kawasan euro turun 6,7 persen, sedangkan yang dari negara lain meningkat 0,7 persen.  Sebelumnya pemerintah telah menurunkan prospek pertumbuhan untuk tahun ini menjadi 1,7 persen, mengutip perlambatan di China dan negara berkembang lainnya.

 

 

Joel/VM/VBN/ Analyst at Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here