Bisnis Jualan ROTI Angkat Kinerja Q3, Sahamnya Berusaha Rebound

194

PT. Nippon Indosari Corpindo Tbk. (ROTI) yang telah melakukan buyback sahamnya sejak tangal 28 September lalu, alami progress yang cukup lumayn dengan kenaikan saham 6,5% hingga perdagangan kemarin. Dan kini dengan fundamental yang kuat, harga saham dapat terus terangkat.

ROTI baru saja umumkan kuatnya fundamental perseroan pada kinerja keuangan kuartal ketiga lalu yang menunjukkan peningkatan kinerja hingga menguat 40 persen lebih dari periode yang sama tahun 2014. Peningkatan kinerja tersebut ditopang oleh naiknya penjualan roti hingga menghasilkan pendapatan yang cukup besar.

Periode Q3 2015 lalu, ROTI mendapatkan keuntungan sebesar Rp192,68 miliar atau Rp38,07 per saham, dan jika dibandingkan dengan periode sama tahun lalu naik dari  Rp128,81 miliar atau Rp26,01 per saham.

Penjualan roti yang cukup besar periode tersebut telah menghasilkan pendapatan Rp1,57 triliun, atau naik 15 persen lebih dari  Rp1,36 triliun pada periode  Q3 2014 lalu. Sebagai informasi penjualan roti yang paling laku dijual yaitu jenis roti tawar yang menghasilkan pendapatan sebesar Rp1,04 triliun.

Besarnya pendapatan tersebut meredam meningkatnya beban pokok, beban usaha dan juga beban keuangan selain meningkatnya jumlah utang perusahaan hingga akhir periode Q3 tersebut. Untuk aset perusahaan sendiri alami peningkatan dibandingkan tahun 2014 menjadi  Rp2,56 triliun .

Menilik kabar dari lantai bursa perdagangan saham pada Kamis (5/11/15) saham ROTI ditutup turun 0,8% ke level 1210 dan bergerak dalam kisaran 1255-1210 dengan volume perdagangan saham mencapai 2,3 juta saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham ROTI sejak awal September  terpantau bergerak konsolidasi . Kini terpantau indikator MA sedikit naik dan  indikator Stochastic turun ke area tengah.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak turun  dengan +DI yang juga bergerakturun  namun diatas -DI yang menunjukan pergerakan ROTI dalam bayang-bayang tekanan jual. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi rekomendasi trading pada target level support di level Rp1189  hingga target resistance di level Rp1260.

 

 

Joel/VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here