Bursa Eropa Bergerak Mixed Di tengah Penantian Data Tenaga Kerja AS

279
Bursa Eropa diperdagangkan lebih rendah pada pembukaan Jumat (06/11) karena pasar menunggu laporan pekerjaan AS terbaru yang dapat mempengaruhi waktu The Federal Reserve AS menaikkan suku bunganya.
 
Investor menunggu data nonfarm payrolls AS untuk Oktober yang akan dirilis hari Jumat malam ini. Jika data menunjukkan peningkatan yang kuat dalam data pekerjaan tersebut, maka itu bisa menambah kekuatan lebih lanjut untuk petunjuk bagi The Fed untuk dapat meningkatkan suku bunga pada bulan Desember.
 
Menurut survei Reuters, nonfarm payrolls kemungkinan meningkat 180.000 pada bulan Oktober , jauh di atas hasil rata-rata 139.000 pekerjaan untuk bulan Agustus dan September.

Selain itu, laporan laba perusahaan emiten juga dalam fokus. Pada hari Jumat, perusahaan asuransi Jerman Allianz membukukan penurunan lebih besar dari yang diperkirakan yaitu 15 persen laba bersih pada kuartal ketiga. Saham perusahaan asuransi tersebut turun 1,8 persen Jumat pagi.
 
Di tempat lain, raksasa pengiriman Moller Maersk-melaporkan pada hari Jumat laba bersih kuartal ketiga sejalan dengan perkiraan analis dan mengulangi acuan laba setahun penuh yang diberikan dua minggu lalu, kata Reuters. Saham perusahaan naik 0,8 persen pada Jumat.
 
Saham Syngenta naik 2,7 persen setelah sebuah laporan di Wall Street Journal menyatakan bahwa raksasa pertanian tersebut membahas kerjasama dengan divisi pertanian DuPont.
 
Sementara itu saham Richemont, diperdagangkan turun 6,5 persen, setelah pemilik Cartier mengatakan pihaknya menyatakan laba bersih pada semester pertama hingga September tumbuh kurang dari yang diharapkan.
 
Saham raksasa baja ArcelorMittal turun lebih 1 persen setelah perusahaan memangkas perkiraan laba 2015 pada hari Jumat.

Dalam perkembangan terbaru dalam kasus Volkswagen, VW melaporkan hari Kamis bahwa mobil diesel mewah di Eropa dilengkapi dengan perangkat lunak yang sama bahwa regulator Amerika mengatakan digunakan untuk menipu tes emisi di AS. Harga saham VW pada Jumat bergerak datar.

Saat ini terpantau indeks saham di kawasan Eropa masih bergerak mixed, namun didominasi dalam pelemahan. Indeks Stoxx Europe 600 turun 0,43%, indeks CAC 40 Perancis turun 0,66%, indeks DAX Jerman turun 0,25%, indeks IBEX 35 Spanyol turun 0,34%, indeks FTSE 100 Inggris naik tipis 0,04%, indeks FTSE MIB Italia naik 0,4%.

 
 
Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here