Ekspor Impor Malaysia Melonjak, Surplus Perdagangannya Meningkat

272

Departemen Statistik Malaysia siang tadi umumkan kinerja perdagangan luar negerinya yang meningkat mantap dengan berhasil mencetak surplus perdagangan pada bulan September lebih tinggi dari perdagangan bulan Agustus.

Malaysia mendapatkan penambahan surplus perdagangan menjadi  MYR9,7 miliar pada bulan September, naik sedikit dari MYR9,32 miliar pada bulan yang sama tahun lalu. Sedangkan pada bulan Agustus sebelumnya  surplus perdagangan hanya MYR9,23 miliar. Sebelumnya para ekonom memperkirakan surplus perdagangan Malaysia bulan September naik menjadi MYR10,4.

Malaysia Balance of Trade
Melihat lebih dalam dari perdagangan luar negeri Malaysia, ekspor negeri tersebut  tumbuh pada kecepatan yang lebih tinggi dari yang diperkirakan pada bulan September, dimana ekspor melonjak 8,8 persen tahun-ke-tahun   lebih cepat dari kenaikan 3,6 persen yang diperkirakan sebelumnya.

Ekspor  produk listrik dan elektronik yang memberikan kontribusi 37,2 persen terhadap total ekspor, naik 13,6 persen per tahun pada bulan tersebut. Sedangkan ekspor kayu dan produk berbasis kayu naik 14,5 persen.

Disisi lain, impor juga alami kenaikan tajam hingga 9,6 persen pada September secara tahunan, nilai yang lebih tinggi dari  diharapkan untuk kenaikan  3 persen. Dan secara bulanan  ekspor dan impor Malaysia meningkat   5,2 persen dan 8,9 persen  masing-masing pada bulan September.

Dan jika dibandingkan dengan data perdagangan luar negeri Indonesia,  surplus perdagangan hanya USD1.02 miliar  pada bulan September 2015, namun data ini lonjakan dari defisit USD0.26 miliar dibandingkan tahun sebelumnya dan mengalahkan ekspektasi pasar, karena impor menurun lebih dari ekspor.

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here