Penilaian Prospek Ekonomi Jepang Mengkhawatirkan, Terburuk Dalam 32 Bulan

238

Kantor kabinet Jepang hari ini (6/11) umumkan buruknya prospek ekonomi yang akan datang  di negara tersebut berdasarkan survey terhadap 12 indikator yang mendukungnya. Perkembangan prospek ekonomi tersebut berdasarkan laporan indeks terkemuka untuk Jepang.

Indikator yang menggambarkannya yaitu Japan Leading Index pada bulan September lalu dilaporkan  menurun lebih dari yang diperkirakan ke level terlemah dalam tiga puluh dua bulan, angka ini merupakan angka sementara dari Kantor Kabinet.

Indeks terkemuka tersebut turun menjadi 101,4 pada bulan September dari 103,5 pada bulan sebelumnya. Ekonom telah memperkirakan indeks jatuh ke 101,8 dan nilai indeks ini merupakan yang terendah sejak Januari 2013 ketika saat itu sama nilainya di  101,4.

Japan Leading Composite Index

Sebelumnya juga Kabinet Jepang umumkan penilaian terhadap kondisi ekonomi terkini atau ditunjukkan pada indeks coincident, yang menggambarkan  aktivitas ekonomi saat ini juga turun menjadi 111,9 pada September dari 112,2 pada bulan Agustus. 

Sedangkan untuk mengukur penilaian kondisi ekonomi dimasa lampau atau indeks lagging dilaporkan berada di posisi  114,0 pada bulan September, merupakan nilai yang turun dari 115,1 pada bulan sebelumnya.

Sebagai informasi, Leading Composite Index yang digambarkan diatas merupakan summary dari  12 indeks seperti rasio persediaan  , pesanan mesin, harga saham dan indikator ekonomi terkemuka lainnya. Indeks ini sebenarnya dapat mengantisipasi perubahan arah ekonomi Jepang dalam beberapa bulan mendatang. 

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here