Tingkatkan Pelayanan Nasabah Melalui Sistem Informasi Transaksi Nasabah

212

PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) (KBI) bekerjasama dengan Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) atau Jakarta Futures Exchange (JFX) dan Bappebti pada  hari Kamis (4/11)  meluncurkan Sistem Informasi Transaksi Nasabah (SITNa), dalam  rangka peningkatan kinerja industri perdagangan berjangka

Latar belakang peluncuran SITNa adalah untuk memberikan tambahan informasi bagi nasabah pialang anggota JFX dan pialang anggota Kliring atas transaksi yang terjadi. Melalui SITNa setiap nasabah yang melakukan transaksi Perdagangan Berjangka dapat memonitor transaksinya melalui SITNa secara real time. Untuk memonitor transaksinya tersebut kepada setiap nasabah akan diberikan user ID dan password melalui Perusahaan Pialang Anggota Kliring dari nasabah yang bersangkutan. Nasabah dapat mengakses pada laman www.sitna-kbi.com

SITNa mulai aktif tanggal 10 Nopember 2015. Bila membutuhkan keterangan lebih lanjut oleh nasabah tentang transaksinya, nasabah yang bersangkutan dapat berhubungan langsung dengan Pialang Anggota Kliring dimana nasabah tersebut melakukan transaksi.

Direktur Utama KBI, Tris Sudarto menyatakan KBI melalui SITNa dapat meningkatkan kepercayaan nasabah,memberikan kenyamanan transaksi nasabah dan meningkatkan transparansi, serta menaikkan citra positif industri Perdagangan Berjangka.

Sementara itu, Stephanus Paulus Lumintang, Direktur Utama JFX mengatakan kerjasama KBI dengan JFX dengan menghadirkan SITNa adalah dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada para nasabah, dimana SITNa membantu dan memudahkan para nasabah untuk memantau transaksinya secara on line.

Tris Sudarto menjelaskan saat ini jumlah nasabah yang terdaftar adalah sebanyak 110.000 nasabah sedangkan jumlah produk yang diperdagangkan di Bursa Berjangka Jakarta adalah sebanyak 983 produk kontrak yang terdiri dari 18 produk kontrak berjangka Multilateral yang di perdagangan di Bursa Berjangka Jakarta terdiri atas Olein , Kopi , Cocoa, CPO, Emas dan sebanyak 965 produk kontrak berjangka Bilateral yang dilaporkan di Bursa Berjangka Jakarta terdiri atas :

  1. Index : 85 kontrak    
  2. Cross Currency : 94 kontrak
  3. Loco London : 39 kontrak
  4. CFD (contract for differences) Saham : 747 kontrak

Volume transaksi perdagangan sampai dengan akhir Oktober 2015 yaitu 3.659.736,4 lot dengan Rata-rata harian lot/hari yaitu 16.943,2 lot/hari. Untuk jumlah anggota Kliring terdiri atas pialang anggota Kliring sebanyak 58 perusahaan dan pedagang sebanyak 17 pedagang.

 

 

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here