Bursa Eropa Dibuka Mixed Pengaruh Sentimen AS dan Tiongkok

275

Bursa Eropa pada perdagangan awal pekan Senin (09/11) dibuka mixed dengan pengaruh menguatnya keyakinan kenaikan suku bunga AS bulan Desember ini dan data neraca perdagangan Tiongkok yang masih di luar harapan.

Dari bursa saham Jerman, DAX, masih fokus dalam berita hasil pendapatan perusahaan emiten. Perusahaan otomotif dan pembuat ban Kontinental menaikkan prospek laba setahun penuh setelah melihat kenaikan penjualan pada kuartal ketiga, namun sahamnya turun 4,4 %.

Sementara itu, insinyur Volkswagen telah mengakui memanipulasi data emisi karbon dioksida karena hasil yang ditetapkan oleh mantan Chief Executive Martin Winterkorn yang sulit dicapai, menurut laporan Reuters.

Perusahaan Kabel Deutschland melaporkan kenaikan 7,3 % tahun-ke-tahun dalam pendapatan kuartal kedua dengan kenaikan laba bersih, namun sahamnya melemah tajam.

Lufthansa juga diperdagangkan lebih rendah setelah membatalkan ratusan penerbangan untuk Senin di tengah pemogokan lanjutan oleh awak kabin.

Secara keseluruhan, indeks DAX Jerman sedikit lebih rendah, dengan investor fokus pada data pendapatan dari perusahaan emiten. Ekspor dan impor Jerman rebound pada bulan September setelah turun di bulan-bulan sebelumnya. Ekspor naik 2,6 persen (MoM) sementara impor naik 3,6 persen.

Dari bursa London, produsen platina Lonmin naik lebih dari 9 % setelah perusahaan mengumumkan rights issue dari 27 juta saham, diskon 94 persen dari harga perdagangan Jumat 16,25 pence. Berita ini muncul sebagai upaya perusahaan pertambangan dalam menghadapi jatuhnya harga komoditas.

Penggerak besar lainnya adalah Trelleborg dengan saham naik lebih dari 8,9 % setelah perusahaan karet Swedia tersebut membeli perusahaan Republik Ceko CGS Holding untuk meningkatkan kekuatannya di sektor pertanian dan spesialisasi membuat ban.

Tullow Oil melonjak 11 % di tengah rebound yang lebih luas di sektor minyak dan gas setelah rebound kecil dalam harga minyak pada Senin.

Pembuat daya generator Aggreko melaporkan penurunan penjualan kuartal ketiga tetapi mengumumkan bahwa mereka telah memenangkan proses tender di Guam untuk memasok listrik ke pulau, membuat saham naik di atas 6,5 persen.

Saham Intercontinental Hotels Group melemah tajam setelah perusahaan membantah sedang mempertimbangkan merger atau menjual perusahaan.

Saham telekomunikasi British kelompok TalkTalk – yang baru-baru ini menjadi korban hacker – sedang dijual setelah HSBC memangkas target harga untuk saham.

Secara keseluruhan, bursa Eropa bergerak mixed. Terpantau pergerakan bursa-bursa Eropa sebagai berikut : indeks Stoxx Europe 600 turun -0,06%, indeks CAC 40 Perancis turun -0,13%, indeks DAX Jerman naik 0,02%, indeks FTSE MIB Italia turun -0,11%, indeks IBEX 35 Spanyol naik 0,20%, indeks FTSE 100 Inggris naik 0,30%.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor  Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here