Bursa Tiongkok Ditutup Naik Tertinggi 2,5 Bulan

296
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Senin (09/11), indeks Shanghai ditutup menguat mantap 57,10 poin atau 1,59% pada 3647.14. Kenaikan ini merupakan tertinggi sejak 20 Agustus lalu. Kenaikan indeks didukung oleh kinerja positif saham-saham unggulan di bursa Tiongkok.

Lihat :   Bursa Tiongkok Dibuka Menguat Terdorong Kabar Baik Dibukanya Kembali IPO

Melonjaknya indeks Shanghai didukung oleh berita regulator sekuritas China berencana melanjutkan penawaran umum perdana (IPO) setelah berhenti mendekati empat bulan. Kabar baik ini direspon positif para investor yang melakukan pembelian saham-saham unggulan di bursa Shanghai.

Saham PetroChina, yang memiliki bobot terbesar dari setiap perusahaan Tiongkok di bursa Shanghai, ditutup naik 1,5 %. Bank of China dan China Construction Bank masing-masing naik lebih dari 4 %, sedangkan Industri dan Commercial Bank of China (ICBC) menguat 3,2 %.

Di sisi lain, perusahaan sekuritas juga menguat. Founder Securities naik mencapai maksimum harian 10 % dan Everbright Securities naik pada 4,6 %.

Menilik prospek perdagangan selanjutnya, esok pagi akan dirilis data penting yaitu Inflation Rate Tiongkok (YoY) bulan Oktober yang berdasarkan hasil survey dan perkiraan akan berada pada level 1,5%, menurun dari hasil inflasi sebelumnya pada 1,6%.

Analyst Vibiz Research  memperkirakan bahwa pergerakan indeks Shanghai akan melanjutkan penguatan dengan merespon positifnya kinerja emiten dan hasil inflasi yang diharapkan, maka diperkirakan akan mencoba menembus resistance pertama pada posisi 3.708 poin, jika pergerakan indeks berhasil menembus resistance pertama maka diperkirakan akan mencoba menembus resistance kedua pada posisi 3.762.

Sebaliknya jika harga melemah akan menembus support pertama pada posisi 3.593 poin, jika pergerakan indeks berhasil menembus support pertama maka diperkirakan akan mencoba menembus support kedua  pada posisi 3.532 poin.

 

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here