Dollar AS 9 November Kehabisan Tenaga Rally

198

Setelah berhasil menembus level tertinggi dalam 6 bulan terakhir pekan lalu, dollar AS kehabisan tenaga untuk lanjutkan rally diawal perdagangan pekan ini oleh aksi profit taking pasar pasca sepinya arahan fundamental yang kuat perdagangan hari ini untyk menggerakkan kurs mata uang global tersebut.

Pekan lalu pasar optimis dengan rencana kenaikan Fed rate bulan Desember nanti setelah Departemen Tenaga Kerja AS umumkan data penambahan tenaga kerja di negeri tersebut oleh indikator NFP bulan Oktober yang menunjukkan kenaikan data dari bulan sebelumnya. Dalam data tersebut Amerika berhasil menambahkan sekitar 271 ribu tenaga kerja pada bulan Oktober setelah bulan sebelumnya hanya menambahkan sekitar 181 ribu.

Momentum pelemahan ini langsung diambil oleh major currencies lainnya termasuk harga logam mulia yang bergerak kuat hari ini.  Memantu kekuatan kurs dollar AS terhadap mata uang lainnya pada index dollar AS saat ini (05:40:40 GMT) bergulir di kisaran 98.96, turun  dari pembukaan 99.21. 

Secara teknikal,  Analyst Vibiz Resarch Center melihat pergerakan index dollar AS berdasarkan harga tinggi dan rendah sebelumnya maka hari ini memiliki resisten di kisaran 99.39 dan 99.95 sedangkan support terdekat di kisaran 98.94 dan 97.35.

 

 

 

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here