Harga Emas Jatuh Terendah Dalam Tiga Bulan

221

Emas jatuh ke level terendah tiga bulan pada hari Jumat dan menjadi penurunan mingguan terbesar dalam lebih dari dua tahun setelah data pekerjaan AS menunjukkan pertumbuhan pekerjaan yang meningkat pada bulan Oktober, sehingga memungkinkan Federal Reserve AS akan menaikkan suku bunga pada bulan Desember.

Pertumbuhan pekerjaan AS melonjak pada bulan Oktober dan tingkat pengangguran mencapai level terendah dalam 7,5 tahun pada 5,0 persen yang menunjukkan penguatan ekonomi AS, yang mendorong dolar naik 1,4 persen ke level tertinggi sejak April.

Harga spot emas LLG turun sebanyak 1,7 persen menjadi 1,084.90 dollar per troy ons, terendah sejak 7 Agustus yang turun 1,4 persen pada 1,087.90 dollar per troy ons.

Sedangkan harga emas berjangka AS untuk kontrak Desember ditutup turun 1,5 persen pada 1,087.70 dollar per troy ons. Volume kontrak melonjak hampir 49.500 pada setengah jam setelah laporan pekerjaan, ini merupakan lonjakan 30 menit terbesar volume untuk kontrak paling aktif dalam setahun.

Harga spot emas menuju penurunan 4,6 persen untuk minggu ini, paling tajam sejak Juni 2013 dan mendekati bulan 5,5 tahun terendah bulan Juli.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas akan terus berpotensi lanjutkan pelemahan dengan semakin menguatnya keyakinan kenaikan suku bunga AS. Diperkirakan harga emas akan mencoba menembus level Support 1083-1081, dan jika harga berbalik rebound akan mencoba menembus level Resistance 1.087-1.089.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here