Harga Karet Tocom Tertekan Pelemahan Harga Minyak

209

Harga karet Tocom pada perdagangan pagi hari ini terpantau turun (09/11). Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Maret 2016 melemah disebabkan oleh penurunan harga minyak mentah. Kedua komoditas ini memang memiliki korelasi positif.

Harga minyak kembali alami penurunan pada penutupan sabtu dinihari paska rilis hasil data tenaga kerja AS bulan Oktober yang positif yang mendorong penguatan dollar dengan sinyal kenaikan suku bunga AS akhir tahun ini semakin menguat.

Harga minyak berjangka WTI untuk kontrak bulan Desember ditutup turun 91 sen, atau 2 %, di 44,29 dollar per barel. Sementara harga minyak mentah Brent, acuan global untuk minyak, turun sekitar 50 sen pada 47,50 dollar per barel.

Pelemahan harga minyak mentah membuat biaya produksi karet sintetis yang berbahan baku minyak mentah menjadi lebih murah. Akibatnya permintaan terhadap karet sintetis meningkat dan menggerus permintaan terhadap karet alami.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak April 2016 hari ini tampak dibuka pada posisi 156,1 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka mengalami penurunan yang yaitu sebesar 0,2 yen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk bertahan di teritori negatif. Potensi masih melemahnya harga minyak mentah masih menjadi penyebab penurunan harga komoditas karet alami Tocom tersebut.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level support di posisi 151,00 yen. Support selanjutnya ada di 146,00 yen. Sementara itu harga akan menemui resistance di posisi 161,00  yen dan 166,00  yen.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here