Lowongan Kerja Koran di Australia Lebih Ramai Dari Online

341

Meski pada bulan Sepetember lalu pemerintah Australia berhasil menurunkan pengangguran di negerinya hingga 8.100 orang menjadi 772.500, kemudian jumlah orang yang menganggur mencari pekerjaan penuh waktu menurun 6.000 menjadi  556.100 orang dan jumlah orang yang menganggur hanya mencari pekerjaan paruh waktu menurun 2.200 ke 216.500 orang. Namun penambahan tenaga kerja negeri tersebut berkurang sekitar 5000 orang menjadi 11.769.900.

Dan untuk melihat gambaran penurunan  pekerjaan pada bulan September lalu juga dapat terlihat dari berkurangnya  jumlah iklan lowongan pekerjaan yang disurvey oleh Australia dan Selandia Baru Banking Group (ANZ Group) dan dilaporkan kepada publik hari ini Senin (9/11). Sejak awal tahun 2015 iklan lowongan kerja di negeri ini fluktuatif hingga bulan ini.

Australia Job Advertisements

Dari laporan ANZ Group tersebut tercatat penambahan iklan lowongan kerja  pada bulan Oktober dari bulan September, iklan pekerjaan   hanya  meningkat 0,4 persen mom. Pada bulan September iklan naik  3,8 persen. Dari laporan ini iklan pekerjaan via internet meningkat 0,3 persen pada Oktober, sebelumnya kenaikan 4 persen . Sebaliknya, iklan lowongan melalui surat kabar meningkat  3 persen persen setelah bulan sebelumnya hanya 2,6 persen.

Jika melihat jumlah iklan secara tahunan, iklan pekerjaan meningkat lebih lambat dari 10,9 persen pada Oktober, setelah pertumbuhan 11,1 persen yang terdaftar pada bulan September. Jumlah ini akan teus bertambah seiring meningkatnya pertumbuhan ekonomi.

Pekan lalu RBA tidak menurunkan suku bunganya dikarenakan bak sentral ini melihat Ekonomi Australia mengalami pertumbuhan sebagai dampak dari pemotongan suku bunga dan melemahnya nilai tukar dollar Australia, sehingga diperkirakan suku bunga akan tetap dipertahankan. Inflasi juga diperkirakan akan terus menurun hingga Juni 2016, demikian menurut laporan RBA yang disampaikan pada hari Jumat (6/11).

Demikian juga pertumbuhan lapangan kerja menunjukkan terus membaik, dimana target pengangguran pada ambang 6-6.25% hingga tahun depan, dan diprediksi akan terus menurun sesuai dengan penguatan pertumbuhan ekonomi yang sedang berlangsung.

 

 

 

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here