Rupiah Senin Ditutup Lemah Meski Dana Asing Masuk 87 Miliar

642

Setelah berhasil menguat secara mingguan pekan lalu, mengakhiri perdagangan akhir pekan ini (5/11) mata uang rupiah terkoreksi dari akhir perdagangan sebelumnya. Pelemahan Rupiah hari ini terjadi akibat sentimen penguatan dollar di pasar Asia meski terhadap major currencies lemah.

Pasalnya dibursa lokal terjadi aksi beli asing yang cukup besar sehingga terjadi net buy asing dan mengalirkan dana asing ke tanah air sekitar Rp87,8 miliar meski IHSG tidak berhasil menguat dan anjlok 1,5%.

Hari ini rupiah  turun  sebesar 0,6% ke posisi Rp13.637/US$ dari akhir perdagangan hari Jumat di pasar spot. Demikian juga  kurs Jisdoryang telah ditetapkan BI  menurun  dari perdagangan sebelumnya di posisi 13550 menjadi 13687.  Namun berdasarkan  kurs transaksi BI untuk transaksi antar bank hari ini  dipatok Rp13,755/US$ untuk kurs jual dan Rp13,619/US$ kurs beli. 

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada perdagangan besok  berpotensi lanjutkan pelemahan jika kurs dollar AS berhasil kuat terhadap major currencies malam ini.

 

 

Joel/VM/VBN/ Analyst at Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here