Surplus Perdagangan Jerman Berhasil Naik

1274

Ekspor dan impor Jerman meningkat lebih dari yang diharapkan pada bulan September menurut data yang dilaporkan  Destatis hari ini (9/11). Lebih tingginya nilai ekspor negeri tersebut membuat neraca perdagangan Jerman surplus kembali meningkat dari surplus perdagangan bulan Agustus yang anjlok dari bulan sebelumnya.

Menurut perhitungan tahunan, surplus perdagangan September naik kembali menjadi EUR22,9 miliar  dari EUR15,4  miliar di bulan sebelumnya. Sebelumnya data ini diperkirakan  naik ke EUR20 miliar, sehingga akibat dirilis melebihi ekspektasi menambah kekuatan nilai mata uang kawasan Euro pada perdagangan sesi Eropa.

Germany Balance of Trade

Dari data yang dilaporkan Destatis ini, surplus disupport oleh  tingginya nilai  ekspor yang  turun menjadi 4,4 persen pada bulan September setelah sebelumnya 5,9 persen pada Agustus. Sedangkan impor negeri tersebut menurun  menjadi 3,9 persen dari pertumbuhan ekspor bulan sebelumnya 4,5 persen.

Namun secara bulanan, surplus perdagangan turun ke EUR 19,4 miliar dari sekitar EUR 19,6 miliar  pada bulan Agustus. Ekspor naik 2,6 persen pada September dari bulan lalu, membalikkan penurunan 5,2 persen pada Agustus. Demikian juga, impor naik 3,6 persen setelah jatuh 3,2 persen pada bulan sebelumnya. 

Peningkatan surplus dagang tersebut mendorong terjadinya surplus pada   neraca transaksi pembayaran  yang naik menjaid EUR 25,1 miliar dibandingkan dengan surplus EUR 22,9 miliar  periode yang sama tahun 2014.

 

 

Joel/VM/VBN/ Analyst at Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here