Bursa Jepang Ditutup Rebound Didukung Sentimen Positif

394

Di akhir perdagangan bursa saham Jepang pada Selasa (09/11), indeks Nikkei rebound, keluar dari tekanan penurunan saat pembukaan perdagangan pagi tadi. Penguatan indeks Nikkei didorong sentimen positif oleh data ekonomi yang positif dan melemahnya Yen, sehingga menguatkan saham-saham di bursa Jepang. Indeks Nikkei ditutup naik 28,52 poin atau 0,15% pada 19.671,26

Lihat : Bursa Jepang Dibuka Lemah Karena Yen Menguat

Pagi tadi dirilis data transaksi berjalan (Current Account) Jepang yang hasilnya positif. Menurut data yang dirilis oleh Kementerian Keuangan pada hari Selasa (10/11), surplus transaksi berjalan Jepang mencapai ¥ 1,47 triliun ($ 11,95 miliar), naik dari surplus 978,0 miliar yen pada bulan September tahun lalu.

Siang tadi juga dirilis data Eco Watchers Survey Current Oktober yang membukukan peningkatan berada pada posisi 48.2, sama dengan hasil survey ekonom. hasil ini merupakan kenaikan dari hasil sebelumnya pada posisi 47.5.

Sementara itu terpantau siang ini Dollar AS kembali berbalik menguat terhadap Yen. Kurs USDJPY terlihat positif naik 0,09% pada 123.39. Pelemahan Yen membuat Indeks Nikkei menguat.

Sejumlah laporan laba emiten, memberikan sentimen positif mengangkat harga saham saham Japan Display melonjak hampir 8 %, sementara saham Screen Holdings ditutup naik 6,1 %, berkat 60 persen lompatan laba operasional bulan April-September. Saham Yokogawa Bridge Holdings juga melompat hampir 12 % ke tertinggi 4,5 bulan.

Sedangkan pergerakan indeks berjangka Nikkei hari ini, juga mencatatkan kenaikan sebesar 80 poin atau 0.41%, dengan menjadi 19.700 poin dari posisi penutupan diakhir perdagangan bursa saham sebelumnya pada posisi 19.620 poin.

Untuk perdagangan saham selanjutnya, esok hari akan dirilis data indikator ekonomi Reuters Tankan Index November dan Machine Tool Orders (YoY) Oktober. Belum ada hasil survey maupun perkiraan dari kedua data indikator ekonomi tersebut.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks Nikkei pada selanjutnya akan lanjutkan penguatan terbatas dengan merespon menguatnya dollar AS yang melemahkan Yen. Indeks Nikkei akan kembali mencoba menembus resistance pertama pada posisi 19.844 poin, jika pergerakan indeks berhasil menembus resistance pertama maka diperkirakan akan mencoba menembus resistance kedua pada posisi 19.951 poin.

Namun jika harga berbalik melemah, indeks akan menembus support pertama pada posisi 19.644 poin , jika pergerakan indeks berhasil menembus support pertama maka diperkirakan akan mencoba menembus support kedua pada posisi 19.550 poin.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here