PM Yang Baru Lemahkan Optimisme Pebisnis di Australia

364

Pergantian posisi Perdana Menteri Australia yang baru setelah sebelumnya dijabat oleh Tony Abbot dan diganti oleh Malcolm Turnbull menjadi sentimen negatif para pebisnis Australia menilai prospek bisnis di negara tersebut. National Australia Bank (NAB) melaporkan hasil surveynya terhadap 350 pebisnis hari ini yang menunjukkan turunnya nilaio indeks.

Indeks kepercayaan bisnis yang disurvey NAB untuk bulan Oktober turun ke posisi 2 poin setelah bulan sebelumnya berhasil naik posisi 5 poin ditengah turun naikknya kondisi bisnis negeri tersebut. Dari grafik dibawah terlihat optimisme  pebisnis Australia merosot ke posisi terendah ketiga sepanjang tahun ini.Australia Business Confidence

Dari laporan NAB,  kondisi perdagangan sedikit naik dengan profitabilitas yang menurun, kondisi sektor  lebih menguntungkan daripada industri lain,  sementara pertambangan, manufaktur dan grosir dinilai negatif. 

Survei bisnis terkini masih menunjukkan pemulihan yang cukup tangguh di sektor non-pertambangan, meskipun kepercayaan bisnis  cukup kuat dalam enam bulan terakhir. Selain itu dari laporan ini disebutkan  rendahnya suku bunga dan nilai mata uang Australi tidak dimanfaatkan oleh semua sektor bisnis yang ada.

 

 

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here