Produksi Industri Perancis Versus Italia, Gambaran Euro Mixed

253

Dua negara yang cukup besar di kawasan Euro pada bulan September lalu memiliki kinerja yang berbeda terhadap sektor industri kedua negara yang dilihat dari tingkat produksinya.  Produksi industri Italia berhasil bangkit dari kontraksi produksi bulan Agustus yang melempem sebaliknya produksi industri Perancis menurun dibandingkan produksi bulan Agustus yang bangkit dari kontraksi sebelumnya. 

Produksi industri Italia naik   0,2 persen mom pada bulan September, setelah bulan Agustus kontraksi di posisi 0,5 persen.  Pertumbuhan produksi industri Perancis menurun terutama pada bulan September yang tumbuh  0,1 persen secara bulananan setelah bulan Agustus berhasil  ekspansi 1,7 persen.

France Industrial Production MoM

Secara tahunan  produksi industri Italia tumbuh pada kecepatan yang lebih tinggi  dari 1,7 persen pada bulan September, menandai kenaikan bulanan ketiga berturut-turut, menyusul kenaikan 1,0 persen pada bulan Agustus.  Dalam tiga bulan yang berakhir September, total output industri naik 0,4 persen dibandingkan kuartal sebelumnya.

Di negara Perancis, diantara komponen sektor industri yaitu  komponen manufaktur, produksi peralatan transportasi turun 1,5 persen dan manufaktur lainnya turun 0,7 persen. Dalam konstruksi, output menurun 1,7 persen, membalikkan kenaikan 1,1 persen pada Agustus.

Namun data produksi industri kedua negara anggota kawasan Euro ini belum bisa menggambarkan kinerja sektor industri kawasan tersebut.

 

 

 

Joel/VM/VBN/ Analyst at Vibiz Research Center
Edior: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here