Prospek Bisnis Akhir Tahun Menjanjikan, Optimisme Pebisnis Bertambah

288

Prospek bisnis di tanah air pada kuartal terakhir tahun ini diperkirakan akan semakin menguntungkan setelah aktivitas  bisnis tanah air meningkat pada kuartal ketiga lalu berdasarkan indeks tendensi bisnis yang disurvey Badan Pusat Statistik.

Pekan lalu BPS mengumumkan kepercayaan pebisnis tanah air terhadap prospek bisnis periode kuartal ketiga dan juga kuartal terakhir tahun ini meningkat dari survey kuartal sebelumnya. Indeks Tendensi Bisnis (ITB) pada Q3-2015 naik sebesar 106,04, berarti pelaku bisnis lebih optimis jika dibandingkan dengan Q2-2015  yang saat itu sebesar 105,46.

Indonesia Business Confidence

Meningkatnya kondisi bisnis pada periode tersebut terjadi di pada sebagian besar  lapangan usaha, kecuali lapangan usaha Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan, Pertambangan dan Penggalian , dan Industri Pengolahan. Peningkatan tertinggi terjadi pada lapangan usaha Transportasi dan Pergudangan  sedangkan peningkatan kondisi bisnis terendah terjadi pada lapangan usaha Real Estate.

Lihat: Ease Of Doing Business Indonesia Naik 11 Tingkat

Untuk kondisi bisnis  pada Q4-2015 diperkirakan mengalami akan peningkatan di beberapa lapangan usaha  dimana peningkatan kondisi bisnis tertinggi diperkirakan terjadi pada lapangan usaha Informasi dan Komunikasi  dan peningkatan terendah diperkirakan terjadi pada lapangan usaha Jasa Pendidikan.

 

 

Joel/VMN/VBN/senior Analyst Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here