Bisnis Jualan Mobil Tiongkok Laku Keras, Penjualan Ritel Tertinggi Sepanjang Tahun

315

Pemerintah Tiongkok yang telah umumkan tingkat inflasi negeri tersebut menurun pada bulan Oktober secara tahunan dan secara bulanan terjadi deflasi, hari ini umumkan kinerja bisnis ritel negeri tersebut yang terus meningkat sejak bulan April 2015 lalu. Data penjualan ritel barang konsumsi negeri bulan Oktober meningkat ke posisi kinerja tertingggi tahun ini.

Kantor statistik nasional Tiongkok (NBS) mencatat penjualan ritel negeri ekonomi terbesar Asia tersebut naik 11 persen menjadi 2,83 triliun yuan (US$445 miliar), 0,1 persen lebih tinggi dari pertumbuhan pada bulan September.

 

China Retail Sales YoY

Peningkatan penjualan sektor ritel ini didorong paling kuat oleh meningkatnya penjualan mobil oleh perusahaan-perusahaan besar hingga 7,1 persen dari tahun lalu. Peningkatan ini mengkontribusi 0,8 persen dari kenaikan total penjualan pada bulan Oktober.

Pada periode bulan Januari hingga bulan Oktober, penjualan ritel Tiongkok naik 10,6 persen dari tahun sebelumnya menjadi 24,4 triliun yuan, 0,1 persen lebih tinggi dari pada tiga kuartal pertama. Dari jenis bisnis ritel yang ada, penjualan ritel online melonjak 34,6 persen menjadi 2,95 triliun yuan dalam sepuluh bulan pertama, dengan penjualan barang virtual melompat 43,1 persen.

 

 

H Bara/VM/VBN/ Senior Analyst at Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here