Bursa Jepang Berakhir Positif Didukung Kinerja Emiten

327
indeks nikkei

Di akhir perdagangan bursa saham Jepang pada Rabu (11/11), indeks Nikkei rebound, keluar dari tekanan penurunan saat pembukaan perdagangan pagi tadi. Penguatan indeks Nikkei didorong sentimen positif penguatan saham-saham di bursa Jepang. Indeks Nikkei ditutup naik 20,13 poin atau 0,10% pada 19.691,39

Lihat : Indeks Nikkei Dibuka Tertekan Kinerja Saham dan Penguatan Yen

Siang ini kurs Yen bergerak menguat terhadap dollar AS, namun penguatan Yen belum berhasil menekan indeks Nikkei dengan kinerja positif saham-saham di bursa Jepang menopang penguatan indeks Nikkei di akhir perdagangan.

Adapun saham-saham yang menjadi penopang indeks adalah saham perusahaan eksplorasi minyak Inpex yang melompat 4,2 % dan saham konstruksi seperti Kajima dan Obayashi yang masing-masing naik 2,2 % dan 1,8 %.

Saham-saham top gainers lainnya adalah saham Ebara Corp yang naik 6,93%, saham Taiheiyo Cement Corp naik ,82%, saham SCREEN Holdings Co Ltd naik 3,51%, saham MEIJI Holdings Co Ltd naik 3,12%, saham Teijin Ltd naik 3,10%.

Sedangkan kebalikannya, pergerakan indeks berjangka Nikkei hari ini menurun, mencatatkan penurunan tipis sebesar 10 poin atau 0.05%, dengan menjadi 19.730 poin dari posisi penutupan diakhir perdagangan bursa saham sebelumnya pada posisi 19.740 poin.

Untuk perdagangan saham selanjutnya, esok hari akan dirilis data indikator ekonomi Foreign Bond Investment November yang diperkirakan turun pada posisi 335.25 miliar yen, dibandingkan hasil sebelumnya pada 882.8 miliar yen. Sedangkan data Stock Investment by Foreigners November diperkirakan naik pada posisi 252.9 miliar yen dibandingkan hasil sebelumnya pada 187.1 miliar yen.

Juga akan ada data Macinery Orders (MoM) September yang berdasarkan survey ekonom akan meningkat positif pada 3,3% dibandingkan hasil sebelumnya yang turun -5,7%. Namun untuk Machinery Orders (YoY) September berdasarkan hasil survey ekonom akan alami pelemahan ke posisi -4% dari hasil sebelumnya yang turun -3,5%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks Nikkei pada selanjutnya akan mencoba mempertahankan penguatan dengan mixednya data indikator ekonomi domestik, namun tetap diwaspadai penguatan dollar AS yang dapat melemahkan Yen. Indeks Nikkei akan kembali mencoba menembus resistance pertama pada posisi 19.797 poin, jika pergerakan indeks berhasil menembus resistance pertama maka diperkirakan akan mencoba menembus resistance kedua pada posisi 19.880 poin.

Namun jika harga berbalik melemah, indeks akan menembus support pertama pada posisi 19.632 poin , jika pergerakan indeks berhasil menembus support pertama maka diperkirakan akan mencoba menembus support kedua pada posisi 19.550 poin.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here