Bursa Tiongkok Ditutup di Zona Positif, Hasil Data Ekonomi Mixed

366
shanghai index

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Selasa (10/11), indeks Shanghai berakhir positif, naik 9,76 poin atau 0,27% pada 3650.25. Kenaikan indeks didukung oleh mixednya hasil data indikator ekonomi Tiongkok yang dirilis hari ini

Lihat :  Indeks Shanghai Dibuka Turun Tertekan Perkiraan Negatif Data Ekonomi

Hasil rilis data indikator ekonomi Tiongkok hari ini, Investasi aset tetap China (FAI) meningkat 10,2 persen pada periode Januari-Oktober dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya, sesuai dengan harapan, namun sedikit turun dari hasil 10,3 persen yang tercatat pada periode Januari-September.

Produksi industri turun 5,6 persen tahun-ke-tahun pada bulan Oktober, dari tingkat 5,7 persen bulan September dan dibawah perkiraan 5,8 persen oleh para ekonom yang disurvei oleh Reuters. Penjualan ritel di China naik 11,0 persen pada tahun pada bulan Oktober, sedikit lebih tinggi dari 10,9 persen pada bulan September.

Adapun saham-saham yang menopang penguatan indeks Shanghai adalah saham Shanghai Zhongyida Co. Ltd. B yang naik 10,07%, saham Shanghai Zhongyida Co. Ltd. A yang naik 10,04%, saham Shanghai Aerospace Automobile Electromechanical Co. Ltd. A yang naik 10,03%, saham Guangzhou Donghua Enterprise Co. Ltd. A yang naik 10,03%, saham Wuhan Hanshang (Group) Co. Ltd. A yang naik 10,03%.

Untuk perdagangan selanjutnya, masih belum ada data indikator yang akan dirilis, namun perlu diperhatikan data indikator ekonomi kawasan Asia dan global lainnya.

Analyst Vibiz Research  memperkirakan bahwa pergerakan indeks Shanghai akan berpotensi sideways dengan masih sepinya arahan fundamental domestik. Indeks diperkirakan akan bergerak pada kisaran Support pertama pada posisi 3.600 poin, jika pergerakan indeks berhasil menembus Support pertama maka diperkirakan akan mencoba menembus Support kedua pada posisi 3.532.

Sebaliknya jika harga menguat akan menembus Resistance pertama pada posisi 3.708 poin, jika pergerakan indeks berhasil menembus Resistance pertama maka diperkirakan akan mencoba menembus Resistance kedua  pada posisi 3.762 poin.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here