Harga Ekspor dan Impor Amerika Sejak Juni Turun Terus

1264

Harga ekspor dan impor Amerika Serikat terus menerus menurun sejak bulan Juni hingga bulan Oktober lalu. Penurunan ini dipicu oleh turunnya harga impor  bahan bakar minyak dan juga non-BBM setiap bulannya seperti yang dilaporkan Departemen Tenaga Kerja semalam .

Untuk harga impor sebelumnya diperkirakan akan turun ke posisi -0,6 persen setelah sebelumnya di posisi 1 persen, namun rilis data menunjukkan harga impor turun 0,5 persen pada bulan  Oktober. Seperti penjelasan diatas, harga impor bahan bakar terus menurun dan bulan Oktober lalu jatuh 2 persen setelah terjun bebas pada bulan September di 5,4%.

Penurunan impor harga BBM disumbang oleh penurunan harga impor minyak hingga 2,1 persen dan harga gas alam hingga 2,5 persen.  Harga impor non-BBM juga turun 0,3 persen pada bulan Oktober setelah penurunan 0,2 persen di bulan sebelumnya, yang mencerminkan turunnya harga untuk non-bahan bakar pasokan industri dan bahan, makanan, minuman serta kendaraan otomotif.

United States Export Prices

Departemen Tenaga Kerja AS juga melaporkan  harga ekspor merosot 0,2 persen pada bulan Oktober setelah jatuh 0,6 persen pada bulan September. Sebelumnya harga ekspor telah diperkirakan turun sebesar 0,3 persen dibandingkan dengan penurunan 0,7 persen yang dilaporkan untuk bulan sebelumnya.

Harga ekspor untuk produk  pertanian turun tipis sebesar 0,1 persen pada Oktober setelah  amblas ke 1.3 persen pada bulan September, sedangkan harga untuk ekspor non-pertanian turun sebesar 0,3 persen setelah anjlok 0,5 persen.

 

 

H Bara/VM/VBN/ Senior Analyst at Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here