Harga Emas Retreat Dengan Penguatan Dollar AS

621

Harga emas kembali retreat pada penutupan perdagangan dini hari tadi (11/11) terganjal penguatan dollar AS. Penurunan harga emas ini merupakan level terendah dalam tiga bulan karena dolar mencapai puncak tertinggi tujuh bulan dengan adanya kemungkinan Federal Reserve AS akan menaikkan suku bunga pada bulan Desember tahun ini.

Harga spot emas LLG  turun 0,2 persen pada 1,089.31 dollar per troy ons. Sedangkan harga emas berjangka AS untuk kontrak Desember ditutup naik 40 sen pada 1,088.50 dollar per troy ons.

Berbagai perkiraan dan pernyataan muncul, bahkan mengalahkan laporan ketenagakerjaan AS Oktober Jumat, yang semakin kuat menyatakan the Fed akan meningkatkan suku bunga pertama kalinya dalam hampir satu dekade.

Bahkan diperkirakan jika ECB mulai memperluas program pelonggaran kuantitatif mereka pada bulan Desember, maka kita kekuatan dolar akan terus berlanjut.

Harga emas diperkirakan masih berpotensi alami tekanan, karena keyakinan kenaikan suku bunga AS semakin menguat untuk dilaksanakan The Fed pada bulan Desember ini, dimana hal ini akan semakin menguatkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas akan terus berpotensi lanjutkan pelemahan. Diperkirakan harga emas akan mencoba menembus level Support 1088-1086, dan jika harga berbalik rebound akan mencoba menembus level Resistance 1090-1092.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here