Harga Grosir Jerman Turun Lagi, Tingkat Inflasi Mengkhawatirkan

304

Meski tingkat inflasi Jerman berhasil naik pada bulan Oktober baik secara tahunan maupun bulanan menurut data awal Destatis, namun tingkat harga grosir negeri tersebut pada bulan yang sama semakin menurun dari bulan-bulan sebelumnya. Hal ini memberikan gambaran buruk terhadap data final tingkat inflasi negeri tersebut yang rendah dan mengkhawatirkan ECB.

Harga grosir barang-barang konsumsi di Jerman terus menurun pada bulan Oktober, meskipun pada volume yang lebih sedikit  dibandingkan pada bulan sebelumnya, seperti yang dilaporkan Destatis Jerman hari ini (11/11). Secara tahunan indeks harga grosir turun 1,6 persen pada bulan Oktober, lebih lambat dari penurunan 1,8 persen pada bulan September. Indeks ini telah jatuh sejak Juli 2013.

Namun secara basis bulanan, harga grosir tergelincir pada kecepatan yang lebih lambat dari 0,4 persen pada bulan Oktober, menyusul penurunan 0,6 persen di bulan sebelumnya. Data ini merupakan data  penurunan indeks untuk bulan  ketiga berturut-turut.

Penurunan harga grosir tahunan sebagian besar disebabkan oleh penurunan 17,8 persen pada harga bijih, logam dan bijih logam. Data indeks ini memberikan sinyal lemah untuk data final tingkat inflasi yang akan dirilis besok. Padahal inflasi negara ini bulan lalu berhasil bangkit dari posisi 0 persen, namun dengan nilai indeks ini diperkirakan inflasi akan turun lagi.

Beberapa pekan terakhir di pasar forex, berita ECB akan menambah stimulus ekonominya pada negara anggota menjadi sentimen negatif nilai mata uang kawasan tersebut. Salah satu yang menjadi akar rencana ECB ini yaitu masih rendahnya tingkat inflasi kawasan Euro ini.

 

 

Joel/VM/VBN/ Analyst at Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here