Harga Kakao Menguat Terdorong Aksi Beli Spekulan

427

Harga kakao berjangka ICE Futures mengalami kenaikan yang signifikan pada penutupan perdagangan Rabu dini hari tadi (11/11). Malam tadi harga kakao melonjak didukung oleh aksi bargain hunting oleh pembeli.

Jika melihat kondisi cuaca, maka di daerah-daerah utama penghasil kakao di negara Pantai Gading mulai turun hujan lebat, tentu ini menjadi sentimen positif harapan peningkatan produksi kakao. Demikian juga dilaporkan dari Nigeria, dengan adanya hujan maka meningkatkan produksi kakao 5,4% dibandingkan bulan sebelumnya. Indikasi ini harusnya dapat menurunkan harga kakao.

Demikian juga dengan pergerakan dollar AS yang menguat, seharusnya membuat harga komoditas kakao juga alami penurunan.

Namun kondisi-kondisi tersebut terabaikan, jutsru terjadi kenaikan harga kakao yang disebabkan adanya aksi beli para spekulan setelah selama dua hari ini harga kakao mengalami pelemahan, sehingga harga menjadi lebih murah dan kesempata ini dimanfaatkan untuk membeli komoditas utama produksi coklat ini.

Di akhir perdagangan dini hari harga kakao berjangka kontrak Desember yang merupakan kontrak paling aktif terpantau ditutup dengan membukukan kenaikan yang cukup signifikan. Harga komoditas tersebut ditutup meningkat sebesar 59 dollar atau 1,84 persen pada posisi 3.268 dollar per ton.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kakao berjangka untuk perdagangan selanjutnya mengalami tekanan dengan memasuki musim penghujan sehingga dapat meningkatkan produksi kakao di negara-negara yang alami kekeringan. Demikian juga penguatan dollar AS dapat menekan harga kakao.

Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk mengetes level Support pada posisi 3.230 dollar. Jika level Support tersebut berhasil ditembus level selanjutnya adalah 3.190 dollar. Sedangkan jika harga lanjutkan kenaikan akan mencoba level Resistance pada 3.300 dollar dan 3.340 dollar.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here