Harga Karet Tocom Dibuka Menguat Terdorong Kenaikan Harga Minyak Mentah

388

Harga karet Tocom pada perdagangan Rabu pagi (11/11) terpantau berhasil membukukan kenaikan . Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu April 2016 dibuka naik dan berhasil melanjutkan pergerakannya di zona positif.

Kenaikan harga karet hari ini terdorong reboundnya harga minyak mentah pada penutupan dinihari tadi setelah Badan Energi Internasional mencatat penurunan tajam dalam investasi minyak. International Energy Agency (IEA) merilis World Energy Outlook terbarunya memperkirakan bahwa investasi di minyak akan menurun lebih dari 20 persen tahun ini dan tren akan berlanjut ke 2016.

Harga minyak berjangka WTI untuk kontrak bulan Desember ditutup naik 34 sen, atau 0,78 persen, pada 44,21 dollar per barel.

Imbas dari peningkatan harga minyak mentah membuat biaya produksi karet sintetis yang berbahan baku minyak mentah menjadi lebih mahal. Akibatnya permintaan terhadap karet sintetis turun dan mengangkat permintaan terhadap karet alami.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak April 2016 hari ini tampak dibuka pada posisi 161,3 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka mengalami kenaikan sebesar 2,7 yen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 158,6 yen per kilogram. Saat ini harga terpantau positif berada pada posisi 159,1 yen per kilogram, naik 0,5 yen dari posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari masih berpotensi menghadapi tekanan negatif. Perkiraan IEA yang menyatakan harga minyak akan mengalami peningkatan yang melambat membuat harga minyak dunia tidak bisa naik cepat. Demikian juga perlu diperhatikan potensi penguatan kurs Yen.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level support di posisi 155,00 yen. Support selanjutnya ada di 150,00 yen. Sementara itu jika harga melanjutkan penguatan akan menemui resistance di posisi 165,00  yen dan 170,00  yen.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here