Rupiah Siang 11 November Masih Ungguli Dollar AS

290

Melihat transaksi perdagangan saham di bursa saham siang ini (11/11) tampak asing lebih banyak melakukan aksi jual sehingga net sell yang sudah terbentuk mencapai Rp270 miliar lebih, namun kondisi ini tidak menghambat laju kurs Rupiah yang menguat sejak perdagangan sebelumnya.

Perdagangan siang di pasar spot kurs Rupiah  berhasil pertahankan penguatan yang terbentuk diawal perdagangan oleh momentum pelemahan dollar AS secara global akibat libur perdagangan Amerika hari ini dan juga sentimen positifnya data ekonomi yang dirilis 2 pekan terakhir.

Jelang akhir perdagangan sesi I di bursa saham Jakarta, terpantau IHSG berada di posisi yang positif dari awal perdagangan, dimana net sell asing yang sudah terbentuk  sebesar Rp270 miliar lebih. Aksi jual yang cukup tinggi terjadi oleh sentimen turunnya nilai dollar AS yang membuat asing koleksi produk komoditas berbasis dollar.

Sejak awal perdagangan selain menguat di pasar spot, BI sendiri telah menetapkan kurs Jisdor hari ini menguat dari perdagangan sebelumnya dari  posisi 13619 menjadi  13576. Di pasar spot siang ini kurs Rupiah berhasil menguat 0,4% dari akhir perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13557/US$.

Untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini masih berpotensi terjadi penguatan oleh sentimen diatas. Analyst Vibiz Research Center memperkirakan hari ini Rupiah berusaha mengetes level resistance  13.550 dan 13.490 per dollar.  

 

 

 

Joel/VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here