Siapkan 357 Miliar Bangun 1 Rumah Sakit, Saham MIKA Menguat Terbatas

246

Kinerja perdagangan saham PT. Mitra Keluarga Karya Sehat Tbk. (MIKA) sejak IPO hingga akhir perdagangan bulan Oktober lalu menunjukkan peningkatan yang lumayan seiring dengan kinerja keuangan usahanya. Periode Q3 lalu perusahaan yang mengelola rumah sakit ini berhasil meraih peningkatan laba  11 persen lebih.

Dengan modal inilah, MIKA optimis bisnisnya akan terus melaju karenanya perusahaan merencanakan menambah jumlah rumah sakitnya pada tahun-tahun mendatang. Karenanya untuk tahun 2016 MIKA siapkan capex Rp357 miliar  untuk membangun rumah sakit dan akuisisi lahan.

Dana capex ini diambil dari  kas internal  dan juga dana hasil IPO yang belum digunakan hingga kini. Sebagai informasi, hasil dana IPO emiten ini sebesar  Rp1,2 triliun. Untuk pembangunan rumah sakit baru MIKA anggarkan sekitar  US$15 juta (200 miliar).  Sampai dengan tahun 2019, MIKA hanya merencanakan menambah 6 rumah sakit saja.

Melihat kinerja keuangan perseroan sampai dengan September 2015, laba bersih meningkat menjadi Rp.439,35 miliar bila dibandingkan pada periode tahun sebelumnya 2014 Rp.393,44 miliar. Pendapatan naik menjadi Rp.1,60 dari pendapatan tahun sebelumnya Rp.1,47 triliun dan  aset perseroan  mencapai Rp.3,55 triliun naik tajam bila dibandingkan dengan total aset hingga Desember 2014 yang hanya Rp.2,15 triliun.

Menilik dari lantai bursa perdagangan pada hari Rabu (11/11) saham MIKA dibuka pada level 2720 setelah pada penutupan perdagangan sebelumnya berada pada level 2.695 dan bergerak pada kisaran 2720-2630 dengan volume perdagangan saham mencapai 220 ribu lot saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham MIKA sejak pertengahan Oktober bearish. Kini terpantau indikator MA sudah bergerak turun. Selain itu indikator Stochastic bergerak naik ke area tengah.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak naik  didukung oleh +DI yang bergerak naik yang menunjukan penguatan MIKA terbatas. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi laju MIKA masih menunggu sentimen fundamental yang menggerakan MIKA. Rekomendasi saham pada target level resistance di level Rp2.700 hingga target support di level Rp2557.

 

 

 

Lens Hu/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here