Pidato Mario Draghi Tenggelamkan Euro Sesi Eropa 12 November

241

Penguatan kurs Euro sejak awal perdagangan sesi Asia hari ini tidak mampu  bertahan lama ditengah perdagangan sesi Eropa hari ini (11/11). Euro berbalik melemah terhadap dollar AS oleh sentimen pasar mencermati pidato Mario Draghi dihadapan parlemen Eropa di Brussel.

Dalam pidatonya, Presiden ECB tersebut kembali menegaskan kata-katanya dari pertemuan terakhir ECB  bulan Oktober yang akan menambah stimulus dan mengendorkan kebijakan moneternya. Draghi mengatakan bank sentral akan bertindak dengan menggunakan semua “instrumen yang tersedia” dalam mandatnya untuk  memastikan kondisi  yang tepat dalam mengendorkan kebijakan moneternya.

Euro yang diawal perdagangan sesi Asia sempat menguat oleh dukungan sentimen positif data inflasi Jerman dan Perancis yang naik diatas 0 persen berhasil diredam oleh respon pasar terhadap pidato Mario Draghi tersebut.

Pergerakan kurs Euro di sesi Eropa (10:00:35 GMT) bergerak turun  terhadap dollar AS,  setelah  dibuka kuat   pada   1.0743 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT),  kurs  Euro turun 30  pips  atau 0, 3%  dan nilai bergulir  berada pada 1.0713.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga penutupan perdagangan sesi Amerika berakhir besok pagi, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair EURUSD lanjutkan pelemahan ke  kisaran 1.0680. Namun jika terjadi koreksi lagi akan kembali ke posisi 1.0770 pada MA 5  daily.

 

 

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here