Dollar Bangkit, Rupiah Kamis Ditutup Lemah

254

Setelah sempat dibuka menguat pada awal perdagangan hari ini (12/11) kurs Rupiah dipasar spot berakhir retreat 0,48% ke posisi diatas 15600. Sentimen pelemahan bursa saham kawasan regional membuat Rupiah siang ini tertekan, selain itu aksi asing yang cukup besar melakukan  aksi jual sahamnya di bursa saham tekan Tupiah.

Melihat transaksi perdagangan saham di bursa saham hari ini (12/11) tampak asing lebih banyak melakukan aksi jual sehingga net sell  mencapai Rp397 miliar lebih, namun kondisi ini tidak membuat pergerakan indeks melemah. IHSG hari ini ditutup mengut 0,2% ke posisi 4462.

Selain itu lemahnya Rupiah hari ini disebabkan reboundnya kurs dollar di pasar spot dan menguasai kurs major lainnya. Malam ini pergerakan dollar juga akan semakin kuat ketika data fundamental yang dirilis malam ini sesuai harapan.

Hari ini rupiah  naik   sebesar 07% ke posisi Rp13.513/US$ dari akhir perdagangan sebelumnya  di pasar spot dan hari ini dibuka pada posisi 13539/US$. Demikian juga  kurs Jisdor yang telah ditetapkan BI  menurun  dari perdagangan sebelumnya di posisi 13576 menjadi  13575.  Namun berdasarkan  kurs transaksi BI untuk transaksi antar bank hari ini  naik  dipatok Rp13,643/US$ untuk kurs jual dan Rp13,507/US$ kurs beli. 

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada perdagangan besok  berpotensi melemah   jika kurs dollar AS terus menguat  terhadap major currencies malam ini.

 

 

 

Joel/VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here