Harga Makanan dan Angkutan Naik, Inflasi Jerman Tertinggi 4 Bulan

282

Tingkat harga konsumen di Jerman berhasil bangkit dari posisi yang rawan deflasi pada bulan Oktober dan inflasi negara tersebut naik ke posisi tertinggi sejak bulan Juni. Naiknya inflasi ini di dorong oleh meningkatnya biaya makanan dan jasa pada  kecepatan yang lebih cepat meski harga energi turun.

Kantor Destatis Jerman umumkan tingkat harga konsumen naik 0,3 persen secara tahunan pada bulan Oktober setelah   pada bulan September inflasi 0 persen. Demikian juga secara bulanan inflasi naik ke posisi 0 persen setelah bulan sebelumnya kontraksi di 0,2 persen. 
Germany Inflation Rate

Biaya makanan dan minuman non-alkohol di Jerman naik 1,3 persen, setelah naik 0,9 persen di bulan sebelumnya. Harga naik tajam untuk sayuran dan buah-buahan , selanjutnya disusul harga   ikan dan produk ikan   dan gula-gula .

Untuk kenaikan biaya jasa,  biaya yang lebih tinggi terlihat untuk sewa bersih eksklusif biaya pemanasan , tarif  angkutan penumpang dan jasa katering di restoran , kafe dan sejenisnya.

Untuk harga yang mengalami penurunan selain harga BBM di Jerman terdapat penurunan harga pada   tiket pesawat (-2,8 persen) dan jasa telekomunikasi (-1,3 persen). Untuk makanan yang turun yaitu produk susu dan keju.

Negara ini merupakan negara paling besar di kawasan Euro dan sering menjadi acuan bagi negara-negara anggota lainnya, termasuk juga dengan tingkat inflasi negara ini menjadi gambaran tingkat inflasi kawasan Euro.  Bank sentral Eropa sedang konsen terhadap tingkat inflasi kawasan Euro yang sulit bangkit sesuai target bank sentral tersebut.

 

 

H Bara/VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here