Preview: Initial Jobless Claims AS

337

Klaim pengangguran AS lebih lemah dari pada yang diperkirakan pada minggu lalu, mencapai 276.000 setelah membukukan 260.000 pada minggu sebelumnya. Namun, jumlah klaim tetap rendah dari perspektif sejarah menunjukkan kondisi pasar tenaga kerja yang solid dengan klaim pengangguran yang terus berada pada kerendahan selama satu dekade

Update pada malam hari ini mengenai pengajuan baru tunjangan pengangguran memberikan ronde baru yang pertama atas data pasar tenaga kerja sejak laporan yang kuat secara mengejutkan untuk payrolls bulan Oktober. Asumsi yang berkembang dari berita tesebut bahwa ekonomi menambah 271.000 pekerjaan pada bulan yang lalu – kenaikan yang terkuat pada tahun ini – adalah tren makro lebih kuat daripada yang ditunjukkan oleh data belakangan ini. Sebagai akibatnya sekali lagi orang memperkirakan bahwa Federal Reserve akan mulai menaikkan tingkat bunga pada bulan depan.

Update mingguan dari klaim baru pengangguran pada malam hari ini diperkirakan akan menguatkan pandangan bahwa kebijakan moneter akan berbalik “hawkish”. Konsensus dari Econoday.com memperkirakan klaim turun sebanyak 10.000 menjadi 266.000. Angka ini masih dekat dengan kerendahan selama beberapa dekade. Jika prediksi ini benar, berita ini akan dengan cepat diintepretasikan sebagai tanda bahwa laporan payrolls yang bagus pada minggu lalu adalah tanda yang akurat dari pertumbuhan yang lebih kuat kedepannya.

Pada titik ini penganut “bearish” memerlukan bukti-bukti yang kuat untuk membantah bahwa kebangkitan dalam prediksi yang terakhir ini adalah menyesatkan. Namun, mereka yang pesimis tidak akan mendapatkan dukungan kalau mengggunakan outlook pada malam hari ini.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here