Anggaran Pemerintah Obama Bulan Oktober Cetak Defisit

368

Anggaran pemerintahan Obama pada periode bulan Oktober lalu alami defisit dibandingkan periode bulan sebelumnya yang justru surplus. Namun untuk anggaran ini sebelumnya sudah diprediksi akan alami defisit namun kenyataannya melebihi ekspektasi seperti yang dilaporkan Kementrian Keuangan Amerika Serikat (AS).

Kementrian tersebut melaporkan anggaran pemerintah per akhir Oktober  mencatat  defisit  hingga  US$ 137 milir, yang meningkat hingga  12 persen   pada bulan yang sama tahun lalu di posisi US$122 miliar.  Grafik anggaran pemerintah AS tersebut dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

United States Government Budget

Defisit anggaran  ini meski sudah diprediksi tapi cukup mengejutkan, pasalnya periode sebelumnya pemerintah catat surplus hingga US$98 miliar dan secara tahunan berhasil mengurangi defisit tahunan lebih rendah sejak tahun 2007. 

Adapun yang menyebabkan defisit ini adalah meningkatnya jumlah pengeluaran  naik  di bulan Oktober yang mencapai US$ 348 miliar, atau naik 4,2  persen dari periode tahun lalu, sementara pendapatan turun menjadi US$211 miliar, yang turun  0,9 persen dari periode tahun lalu.

Pengeluaran pemerintah AS ini paling banyak dari pengeluaran untuk militer dan medicare, dimana pada bulan Oktober pengeluaran untuk militer naik menjadi  US$60 miliar dari US$ 55 miliar pada bulan September lalu. Sedangkan pengeluaran untuk Medicare naik menjadi  US$ 74 miliar pada bulan Oktober, lebih tinggi dari US$ 45 miliar pada bulan sebelumnya. 

Pada bulan Oktober 2015 merupakan bulan pertama dari tahun fiskal 2015/2016   saat ini sehingga defisit secara tahunan tercatat sebesar US$ 136 miliar.

 

 

 

 H Bara/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here