Harga Emas Kembali Tertekan Optimisme Kenaikan Suku Bunga AS

759

Harga emas kembali lanjutkan pelemahan pada penutupan perdagangan Jumat dini hari tadi (13/11), masih tetap tertekan sentimen keyakinan kenaikan suku bunga AS pada bulan Desember ini.  Pelemahan ini merupakan level terendah sejak Februari 2010 .

Harga spot emas LLG  turun 1 % menjadi 1,074.26 per dollar per troy ons, terendah sejak 7 Agustus dan tidak jauh dari tingkat terendah 5,5 tahun yang terjadi pada bulan Juli di 1,077 dollar per troy ons.

Sedangkan harga emas berjangka AS untuk kontrak Desember ditutup turun $ 3,90 per ons pada 1,081.00 dollar per troy ons.

Logam mulai ini telah anjlok lebih dari 5 persen sejak awal November, saat laporan pekerjaan AS yang optimis mendorong ekspektasi The Fed akan menaikkan suku bunga tahun ini.

Harga emas diperkirakan masih berpotensi alami tekanan, karena semakin meningkatnya keyakinan kenaikan suku bunga AS untuk dilaksanakan The Fed pada bulan Desember ini, dimana hal ini juga akan semakin menguatkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas akan terus berpotensi lanjutkan pelemahan. Diperkirakan harga emas akan mencoba menembus level Support 1072-1070, dan jika harga berbalik rebound akan mencoba menembus level Resistance 1076-1078.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here