Laju Ekonomi Jerman Q3 Terpangkas Kenaikan Impor

216

Destatis Jerman umumkan data flash untuk pertumbuhan ekonomi Jerman periode kuartal ketiga lalu menunjukkan data yang lebih rendah atau menurun dari kuartal sebelumnya. Kontribusi positif terhadap data PDB Q3 tersebut paling besar dari meningkatnya belanja rumah tangga dan pemerintah ditengah menurunnya   investasi dan perdagangan luar negeri .

Data awal PDB periode kuartal ketiga tahun ini menunjukkan ekonomi Jerman bertumbuh ke posisi  0,3 persen, yang  menurun  dari pertumbuhan 0,4 persen pada kuartal sebelumnya dan sejalan dengan ekspektasi pasar.

Germany GDP Growth Rate

Kontribusi positif berikutnya berasal dari pengeluaran konsumsi domestik, lapoean  awal Destatis  ini menunjukkan pengeluaran konsumsi akhir dari rumah tangga dan pemerintah kembali meningkat. Namun sebaliknya penurunan data PDB kuartal ketiga lalu terjadi oleh berkurangnya  pemasukan kas negara dari perdagangan luar negeri  akibat meningkatnya impor dari ekspor pada kuartal tersebut. 

Secara tahunan data PDB kuartal ketiga naik ke posisi 1,8 persen, yang lebih tinggi dari  ekspansi 1,6 persen pada kuartal yang berakhir bulan Juni 2015. Kinerja ekonomi pada kuartal ketiga 2015 berhasil menambah tenaga kerja sebanyak 343.000 atau 0,8 persen pada tahun sebelumnya menjadi 43.200.000 orang dalam pekerjaan di wilayah domestik.

 

 

 

H Bara/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here